Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wow, Intel Siapkan Prosesor 18 Core

24 Desember 2013 11:05 | 1342 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kemajuan jaman membuat manusia semakin ingin dimanjakan. Untuk mendukung perangkat tersebut Intel pun tengah menyiapkan prosesor 18 Core. Saat ini Intel Xeon terbaru, Ivy Bridge-EP memiliki jumlah core CPU mencapai 12 buah. Chip tersebut di produksi dengan proses pabrikasi 22 nanometer.

Kedepannya, pabrikan chip ini tengah mengembangkan prosesor jenis baru dengan nama kode Broadwell-EP dan Broadwell-EX, yang dibangun dengan proses 14 nanometer. Jumlah Core dalam satu prosesor bisa ditingkatkan menjadi 18 buah.

Dilansir dari VR-Zone, sebuah bocoran slide chip Broadwell-EP akan diluncurkan pada 2015 dan tersedia dalam dua varian. Pertama untuk versi desktop berkinerja tinggi dengan jumlah core antara 8 hingga 10 buah.

Sedangkan versi lainnya Workstation dengan inti pemrosesan berjumlah 12 hingga 16 buah. Sedangkan varian dengan 18 core akan datang dari keluarga Broadwell-EX. Sesuai dengan filosofi tick-tock perusahaan tersebut, Intel diperkirakan tidak akan meningkatkan kecepatan core CPU, melainkan hanya menambah jumlahnya dalam tiap kemasan prosesor.

Baca juga: Terlibat Skandal Asmara dengan Pegawai, CEO Intel Mengundurkan Diri

Guna mengimbangi perkembangan prosesor, Intel juga akan memasangkannya dengan RAM berkecepatan tinggi DDR-2400. Jumlah memori yang bisa diakses dalam waktu bersamaan mencapai 16 buah.

Prosesor-prosesor tersebut merupakan keluarga Xeon pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 14nm. Waktu peluncurkannya diperkirakan berdekatan dengan acara Intel Developer Forum 2015, pada September tahun depan.

Di sisi lain, konsumsi daya versi konsumer dari Broadwell bisa ditekan hingga 4,5 watt sehingga memungkinkan prosesor tersebut dipasang pada tablet dan perangkat laptop 2-in-1.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio