Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Jadwal Makan Dapat Pengaruhi Keseimbangan Hormon

23 Desember 2013 23:00 | 2378 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kesehatan tubuh tak bisa lepas dari pola hidup sehat yang kita terap. Salah satu faktor yang paling banyak pengaruh berasal dari asupan makanan.  Apalagi bagi seorang wanita, karena asupan makanan bisa berdampak pada keseimbangan hormone.

Hal tersebut disebabkan karena wanita mengalami PCOS atau Polycystic Ovary Syndrpome atau gangguan hormonal yang sering terjadi pada masa reproduktif wanita. Untuk mengatasu hal tersebut tak ada pengobatan khusus.

Dilansir dari Healtmeup, kondisi tersebut bisa diatasi dengan gaya hidup sehat, lantas apa sajakah yang harus diperhatikan:

Berat badan
Kelebihan lemak dalam tubuh menyebabkan kelebihan produksi estrogen. Oleh karenanya, sangat penting menurunkan berat badan, jika mengalami obesitas. Kehilangan dua sampai tiga kilo memungkinkan untuk mengontrol hormon. Fokuslah menjaga berat badan tetap stabil dan pastikan bahwa lemak tubuh secara keseluruhan tak melebihi 20 persen.

Jadwal makan
Makanlah enam sampai delapan kali sehari. Bagilah pola makanan ini menjadi tiga sampai empat kali makan yang relatif besar dan tiga sampai empat dalam porsi kecil.

Baca juga: Kejuaraan Dunia Bulutangkis Hari Ke-2, Ini Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia

Diet seimbang
Setiap kali makan upayakan gizi yang ada di dalam seimbang. Makanan harus memiliki semua tiga makronutrient, yaitu karbohidrat, protein dan lemak yang baik.

Karbohidrat
Bila mengonsumsi karbohidrat, pilihlah karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Hal itu karena karbohidrat jenis itu melepaskan gula dalam tubuh secara bertahap, hingga menghindari penyimpanan lemak dan mempromosikan kehilangan lemak karena memperlambat penyerapan di usus.

Buah-buahan dan sayuran
Masukkan setidaknya tiga porsi sayuran dan dua sampai tiga porsi buah-buahan dalam berdiet. Sayuran seperti bayam, brokoli dan paprika yang kaya serat baik untuk menu makanan harian. Serat membantu dalam menjaga tingkat insulin dalam aliran darah.

Hal itu juga akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Bukan hanya itu, makanan tersebut bisa membantu dalam mengurangi rasa lapar, yang terjadi banyak penderita PCOS , karena lonjakan tiba-tiba dan rendahnya kadar insulin.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio