Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Makan dengan Piring Merah Bisa Kontrol Nafsu Ngemil!

19 Desember 2013 18:11 | 2312 hits

DREAMERSRADIO.COM - Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satunya adalah mengontrol napsu makan. Warna merah pada umumnya digunakan banyak restoran untuk lebih memicu hasrat pengunjungnya, agar memesan lebih banyak makanan.

Bahkan sekarang ini banyak restoran cepat saji dan berbasis makanan Western middle-end juga banyak mengaplikasikan warna ini ke dalam desain interior mereka. Warna merah memang diasosiasikan sebangai penyemat dan pembakar nafsu makan.

Dilansir dari Dailyhealth, sebuah studi terbaru justru mengungkapkan fakta sebaliknya. Makan dari piring berwarna merah bisa membuat kamu lebih sedikit memasukkan makanan ke dalam mulut. Hasil studi ini melibatkan 240 partisipan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Apetite.

Partisipan diminta ngemil popcorn dan chocolate chips yang disajikan di atas piring berbagai warna, merah, putih dan biru. Responden yang ngemil popcorn dan chocolate chips di piring merah makan lebih sedikit daripada yang diberi camilan di piring putih atau biru.

Peneliti pun melaporkan merah merupakan warna yang melambangkan berhenti dan hati-hati. Itulah mengapa warna ini digunakan pada rambu pemberhentian dan lampu lalu lintas. Hal ini ternyata juga memengaruhi orang saat makan. Mereka cenderung lebih berhati-hati dan terpicu untuk segera berhenti makan.

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

Namun penelitian ini masih perlu banyak pengembangan lebih lanjut. Sebab dalam studi, peneliti tidak memberitahu partisipan apa tujuan dari makan di piring merah, putih atau biru. Artinya, efek piring merah ini dialami secara tidak sadar oleh partisipan.

Meski peneliti belum bisa memastikan apakah efeknya sama jika partisipan makan di piring merah secara sadar, dengan tujuan agar makannya lebih sedikit. Tetapi peneliti menyarakan tidak ada salahnya trik ini untuk dicoba.

Hasil studi ini bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan, makan di piring yang warnanya kontras dengan makanan akan membuat porsi makan lebih sedikit. Misalnya saat menaruh chocolate chips di piring berwarna putih, makanan tersebut akan lebih jelas terlihat sehingga membuat kamu lebih fokus dengan jumlah yang diambil dan dimakan.

Namun dalam penelitian ini, terbukti chocolate chips di piring merah (warna antara makanan dan perangkat makan tidak kontras) lebih sedikit dimakan ketimbang yang berada di piring putih atau biru.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio