Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Insomnia? Ini Cara Efektif Mengatasinya!

17 Desember 2013 21:03 | 6028 hits

DREAMERSRADIO.COM - Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur, dapat dilihat dari ciri-cirinya seperti, sulit tidur, bangun terlalu dini, dan tidak cukup tidur walau memiliki waktu dan lingkungan untuk beristirahat. Tentunya gangguan ini tak bisa dibiarkan karena akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Jika kamu memiliki gangguan ini maka bisa berdampak yang lebih parah seperti munculnya penyakit jantung dan stroke. Orang yang mengalami Insomnia pada umumnya mengalami mimpi buruk ketika mencoba untuk tidur.

Dilansir dari Everydayhealth, orang yang mengalami insomnia sebenarnya ada jutaan orang. Bahkan, diperkirakan bahwa 10-30 persen manusia pada suatu waktu akan mengalami gejala insomnia. Efek yang paling jelas dari gangguan ini adalah stres dan kecemasan untuk tidur atau memulai tidur.

Meskipun ketidakmampuan untuk tidur keesokan harinya, biasanya ada perasaan stres, kecemasan, dan kelelahan selama hari berikutnya. ketidakmampuan untuk memulai atau mempertahankan tidur dan sebagai konsekuensi siklus dilanjutkan.

Baca juga: 5 Cara Terbaik Atasi Insomnia Akibat WFH

 Efek jangka panjang dari siklus ini bisa menjadi depresi, penambahan berat badan, demensia atau gangguan kognitif, kecelakaan kerja, dan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kombinasi glukosa tinggi, tekanan darah tinggi, berat badan, dan kolesterol tinggi.

Nah jika kamu ingin terhindar dari gangguan ini, maka lakukan hal berikut ini untuk mengatasi Insomnia:

1. Jangan tidur di siang hari.
2. Buatlah kamar tidur kondusif untuk tidur dengan mematikan TV, komputer, lampu dan setiap rangsangan lain.
3. Gunakan jam alarm untuk membangunkan pada waktu yang sama setiap pagi, bahkan jika itu akhir pekan.
4. Atur jadwal tidur agar jadwal pergi dan bangun tidur sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak tetap pada siklus bangun dan tidur yang sehat. Pada waktunya, kamu akan dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.
5. Relaksasikan pikiran sebelum tidur. Redakan emosi dan juga pikiran sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran.
6. Hindari minuman berkafein atau produk dan suplemen energi setelah makan siang. Selain itu, hindari minuman beralkohol, merokok, atau asupan nikotin dari sumber apapun saat dekat waktu tidur.
7. Berolahragalah 30 menit setiap hari, namun cobalah untuk berolahraga minimal 4 jam sebelum waktu berencana untuk pergi tidur.

Semoga membantu yaa Dreamers ^^

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio