DREAMERSRADIO.COM - Sepanjang tahun 2013, para idola K-Pop banyak menelurkan berbagai karya musik yang kemudian dibuat video musiknya, dan diunggah ke channel resmi mereka di YouTube. Banyaknya jumlah viewers dalam video musik tersebut pun kemudian menjadi tolak ukur keberhasilan musik para idola K-Pop tersebut.
Pada Selasa (10/12), YouTube akhirnya merilis sebuah daftar berjudul ‘K-Pop Music Video Top 10’, yang terdiri dari 10 besar video musik K-Pop dengan jumlah penonton terbanyak, dimulai dari bulan Desember 2012 hingga November 2013 mendatang.
Hasilnya, sang rapper fenomenal, Psy lah yang berada di posisi pertama dengan jumlah penonton sekitar 600 juta viewers untuk lagu ‘Gentleman’ nya sejak dirilis pada April 2013 lalu. Video musik tersebut bagkan berhasil berada di posisi satu peringkat ‘viral video’ versi TIME magazine.
Baca juga: YouTube Rilis Daftar 10 MV dan Video Paling Banyak Ditonton Tahun 2022 di Korea
Sementara posisi kedua ditempati oleh girl group SM Entertainment, SNSD lewat lagunya yang berjudul ‘I Got A Boy’ dengan jumlah viewers mencapai 79 juta. Sementara posisi ketiga dan keempat ditempati oleh junior satu agensi SNSD, yaitu EXO lewat video musiknya yaitu ‘Growl’ dan ‘Wolf’ secara berturut-turut.
Hal mengejutkan lainnya adalah SNSD yang kembali menempati posisi 5 dan 6 untuk video musiknya yang berjudul ‘Dancing Queen’ dan ‘Galaxy Supernova’ secara berturut-turut, meskipun video tersebut dirilis dalam versi bahasa Jepang.
Sementara posisi ketujuh ditempati oleh f(x) dengan lagunya yang berjudul ‘Rum Pum Pum Pum’, disusul oleh Super Junior-M lewat lagu ‘Break Down’ di posisi kedelapan. Posisi kesembilan ditempati oleh artis YG lainnya, yaitu 2NE1 dengan lagu ‘Falling in Love’.
4Minute pun menjadi satu-satunya artis Cube Entertainment yang berhasi masuk dalam 10 besar peringkat tersebut, yaitu peringkat 10 untuk video musik lagunya yang berjudul ‘What’s Your Name’. Daebak! (ctr)