Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Lima Masalah yang Sering Timbul Saat Menstruasi

06 Desember 2013 19:00 | 8384 hits

DREAMERSRADIO.COM - Menstruasi merupakan suatu siklus yang pasti selalu dialami oleh semua wanita. Saat sedang menstruasi, kondisi tubuh kita terkadang sering tidak stabil karena level hormon yang naik-turun. Dilansir Magforwomen, berikut lima masalah yang sering timbul saat menstruasi:

1. Nyeri haid
Saat menstruasi, kondisi rahim kita terkadang sering berkontraksi dan inilah yang menyebabkan munculnya nyeri haid. Namun tak semua wanita merasakan nyeri seperti ini. Beberapa di antara mereka ada yang kuat menahan sakit sehingga terkadang mereka tak merasakan sakit sama sekali.

2. Darah kental yang mengalir
Masalah lain yang kerap terjadi saat menstruasi di antaranya adalah mengalirnya darah kental atau menorrhagia. Tanda masalah ini di antaranya adalah mulai banyaknya darah yang keluar sehingga kita harus rajin mengganti pembalut dalam setiap jamnya. Hal ini biasanya terjadi karena ketidak seimbangan hormon.

3. Menstruasi tidak teratur
Haid atau menstruasi tidak teratur adalah masalah lain yang dikhawatirkan wanita saat sedang haid. Hal ini bisa terjadi karena ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh, turunnya berat badan, atau terlalu banyak berolahraga.

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

4. Mood kacau dan mudah marah
Masa-masa saat akan menstruasi atau yang lebih dikenal dengan Premenstrual syndrome (PMS) terkadang membuat mood wanita bisa menjadi kacau dan bahkan mudah marah. Perubahan hormon yang intens adalah penyebab utama hal ini bisa terjadi. Kondisi ini biasanya bisa terjadi seminggu sebelum wanita mengalami menstruasi.

5. Sakit kepala dan mudah kembung
Sakit kepala dan mudah kembung juga menjadi masalah lain yang muncul saat haid.  Kedua hormon, yaitu estrogen dan progesterone berperan penting dalam perubahan ini. Ketika produksi estrogen berhenti, empedu yang diproduksi di hati akan turun dan bisa menyebabkan kembung. Selain itu, rendahnya level estrogen memicu reaksi kimia di otak yang bisa menyebabkan sakit kepala.

(mfw/ctr)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio