Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Duh, 10 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Otak!

02 Desember 2013 10:27 | 13236 hits

DREAMERSRADIO.COM - Otak merupakan pusat kendali tubuh manusia. Bayangkan bagaimana jadinya jika otak kita tidak bekerja dengan baik? Aktivitas yang kita lakukan pun tentunya juga akan terganggu dan bermasalah. Untuk itu kita perlu menghindari kebiasaan buruk di bawah ini yang dapat merusak otak, seperti dilansir Vemale:

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

1. Tidak mau sarapan
Tidak mengonsumsi sesuatu di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Sarapan yang baik adalah sarapan ringan, seperti cukup air putih dan segelas jus buah segar. Ringkas dan berguna untuk tubuh!

2. Kebanyakan makan
Terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental.

3. Merokok
Otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap benda berasap itu.

4. Terlalu banyak konsumsi gula
Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi, sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis favorit kalian.

5. Polusi udara
Otak memerlukan oksigen. Terlalu lama berada di lingkungan berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Kurang tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Lalai tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Kebanyakan tidur juga bisa membuat kita menjadi pemalas. Teratur tidur 6-8 jam sehari membuat otak sehat dan bugar.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar, lama-kelamaan menjadi rusak.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

9. Kurang stimulasi otak
Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik, dan bermain (catur, scrabble, dan lain-lain) membuat otak kita terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

10. Jarang berbicara
Percakapan intelektual membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi, jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan kita.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio