Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ternyata Biaya Produksi iPad Air Lebih Murah dari iPad 3

08 November 2013 15:59 | 1917 hits

DREAMERSRADIO.COM - Belum lama ini Apple baru saja meluncurkan produk iPad terbarunya. iPad Air memiliki beberapa komponen yang lebih canggih diandingkan dengan iPad generasi ketiga. Tetapi uniknya biaya produksi iPad Air ternyata lebih murah dari iPad 3.

Dilansir dari AllThingsD, dibongkar oleh HIS iSuppli terungkap kalau biaya produksi iPad generasi kelima tersebut berkisar antara US$ 274 dan US$ 361, tergantung dengan modelnya. Sedangkan iPad Air sendiri dijual dengan harga US$ 499 untuk model 16 GB, dan US$ 929 untuk model termahal.

Total biaya produksi untuk model iPad Air paling murah (sebesar 274 dollar AS) ini dikatakan lebih murah 42 dollar AS dibandingkan iPad generasi ketiga. Padahal, menurut IHS, ada beberapa perbedaan komponen yang signifikan pada iPad Air dibandingkan dengan iPad generasi ketiga.

Perbedaan terbesar dilihat dari segi layar dan komponen layar sentuhnya. Pada layar iPad Air lebih tipis dan komponen lapisan layar sentuhnya lebih sedikit dibandingkan dengan iPad generasi sebelumnya. Sedangkan biaya produksi untuk layar dan komponen layar sentuhnya adalah sebesar US$ 133. Secara rinci, 90 dollar AS dihabiskan untuk memproduksi panel layar dan 43 dollar AS untuk bagian layar sentuh.

Baca juga: Wah, Ternyata Berdiri Lebih Sehat Dibandingkan Duduk

“Ini jauh lebih mahal dibandingkan (generasi) sebelumnya. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG Display dan Samsung diperkirakan sebagai supplier dari layar tersebut,” ungkap Andrew Rassweiler, seorang analis dari HIS.

Sementara itu, bagian layar sentuhnya terdapat sensor tipe baru yang dilindungi Gorilla Glass. Apabila biasanya bagian ini terdiri dari dua lapisan maka kali ini hanya dibuat satu lapisan saja. Hasilnya, Apple bisa menghasilkan layar dengan ketebalan 1,8  milimeter, jauh lebih tipis pada generasi sebelumnya.

Sementara, biaya yang harus dikeluarkan Apple untuk prosesor A7-64 bit adalah sebesar 18 dollar AS. Harga dari prosesor ini dikatakan lebih murah 5 dollar AS dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPad 3. Untuk prosesor ini, Apple memesannya ke Samsung.

Untuk masalah chip jaringan, Apple menyerahkannya kepada Qualcomm. iPad Air menggunakan chip seharga 32 dollar AS dari Qualcomm untuk urusan jaringan LTE. Perkiraan biaya produksi dari IHS ini tidak termasuk biaya pengepakan, dan biaya overhead lainnya, seperti desain, perangkat lunak dan pemasaran.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio