Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah 4 Alasan Mengapa Berat Badan Mudah Bertambah

15 Oktober 2013 08:00 | 14802 hits

DREAMERSRADIO.COM - Mempunyai bobot tubuh yang ideal adalah hal yang penting bagi setiap orang terutama untuk wanita. Banyak hal yang dilakukan untuk menjaga bobot tubuh tidak bertambah dan menurunkan bobot tubuh. Sudah menjaga porsi makan dan melakukan diet tapi bobot tubuh tetap bertambah? Ada beberapa hal yang menyebabkan bobot tubuh bertambah tanpa disadari.

Dilansir dari Mag for Women, inilah hal yang dapat menyebabkan bobot tubuh bertambah dari hari ke hari :

Makan dalam jumlah sangat sedikit
Makan dalam jumlah sangat sedikit sangat tidak baik untuk kesehatan. Hal ini justru tidak akan mengurangi berat badan. Makan dalam jumlah sangat sedikit lebih berbahaya dari makan dalam jumlah banyak.

Makan terlalu sedikit dan menahan rasa lapar justru menyebabkan tubuh memberi sinyal untuk menyimpan lemak dan menimbun kalori dalam tubuh untuk digunakan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa tubuh bertambah gemuk.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Kurang tidur
Kualitas tidur yang buruk adalah salah satu penyebab berat badan bertambah. Kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh, membuat tubuh merasa lelah dan menurunkan energi. Hal ini dapat menyebabkan tubuh merasa lapar lebih sering, untuk mengisi energi.

Hal ini juga dapat memperlambat metabolisme tubuh untuk membakar kalori menjadi energi. Idealnya tubuh membutuhkan waktu tidur 8-10 jam sehari.

Ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon dapat menjadi salah satu penyebab berat badan bertambah. Jika fungsi kelenjar tiroid yang terdapat pada leher terganggu hal ini juga dapat membuat hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid ikut terganggu.

Dampaknya tubuh mudah lemas, lelah dan berat badan bertambah. Berat badan bertambah akibat metabolisme yang melambat karena kekurangan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Obat-obatan
Penggunaan beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan berat badan bertambah. Jenis obat seperti obat anti depressan, obat penenang atau obat migrain menyerap energi dan nutrisi dalam tubuh.
 
Inilah yang membuat mengkonsumsi obat-obatan tersebut membuat cepat haus dan merasa lapar. Sehingga konsultasikan pada dokter saat mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan berat badan bertambah.
 
(mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio