DREAMERSRADIO.COM - Jika di Indonesia maskapai Lion Air akan menuntut mereka yang membuka pintu darurat karena AC pesawat tak berfungsi, maka contoh pelayanan maskapai Jepang ini patut dicontoh. Pasalnya hanya karena toilet macet dan tak bisa disiram, maka pilot langsung memutuskan putar balik.
Dilansir Channel News Asia, maskapai Japan Airlines (JAL) dalam perjalanan dari bandara Moskow menuju Tokyo. Namun setelah dua jam kemudian, pesawat Boeing 787 tersebut kembali ke bandara Moskow karena ada masalah.
Awalnya, pesawat berisikan 151 penumpang dan kru itu dikira mengalami kerusakan kelistrikan, seperti yang sudah-sudah. Namun setelah diperiksa, ternyata pilot memutuskan kembali lantaran toilet di pesawat yang tidak bisa disiram.
Baca juga: Unik, Ilmuwan Korsel Olah Tinja Menjadi Listrik dan Pengguna Bisa Dapat Uang Digital
Sementara itu, perjalanan dari Rusia ke Tokyo rata-rata memakan waktu 10 jam. Apa jadinya jika toilet tidak bisa disiram dalam perjalanan tersebut. Nah, untuk memuaskan pelayanan para penggunanya mereka pun rela memutar balik meski telah menempuh perjalanan 2 jam.Nama Boeing sebelumnya tercemar di pasar Jepang lantaran kerusakan pada baterai yang cepat panas, mengakibatkan berasap dan kebakaran. Akhirnya, pada Januari lalu, produksi pesawat ini dihentikan sementara.
Celah inilah yang digunakan Airbus untuk merebut pasar Jepang. Untuk pertama kalinya, Airbus berhasil mendapatkan pesanan pesawat berbadan lebar dari maskapai Jepang. Sebelumnya, penjualan pesawat tipe ini di Negeri Sakura dimonopoli Boeing.