Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Kenalan Dengan Beragam Jenis Udon di Museum Udon, Jepang

09 Oktober 2013 11:47 | 6674 hits

DREAMERSRADIO.COM - Udon adalah salah satu sajian mie yang cukup populer di Jepang. Tak hanya di negeri sakura makanan khas satu ini juga sudah terkenal sampai ke luar negara Jepang dan banyak digemari. Yap, kalau kamu penggemar mie, wajib tahu tentang ‘Udon Museum’ yang ada di kota Kyoto Jepang.

Udon Museum ini telah dibuka sejak Desember tahun lalu. Di museum ini tak hanya kamu dapat mencicipi lebih dari 45 jenis sajian mie udon dari berbagai wilayah Jepang, pengunjung juga dapat mempelajara tata cara pembuatan udon dan juga sejarah udon di berbagai daerah Jepang.

Mie  udon sendiri adalah mie yang terbuat dari tepung terigu, air dan garam. Adonan mie udon dari berbagai wilayah di Jepang berbeda-beda, bentuk dan ketebalannya. Udon sendiri awalnya berasal dari negeri Cina, yang kemudian mulai masuk dan berkembang di Jepang sejak zaman Edo.

Udon jepang berbeda dengan sajian mie di Cina. Tiap daerah di Jepang punya karakteristik udon yang berbeda dan unik. 3 jenis udon yang palig populer di Jepang antara lain Mimi Udon, Himokawa Udon, dan Inaniwa Udon.

Baca juga: Jangan Asal Manis, Perhatikan Jenis Makanan Ini Untuk Menu Buka Puasa

Mimi udon, adalah udon yang berasal dari daerah Sano, Togichi Jepang. Bentuk udon ini mirip dengan pangsit rebus yang lebih tebal. Bentuknya yang mirip daun telinga membuat udon satu ini banyak digemari. Mimi udon biasanya disajikan saat masih hangat bersama miso sup.

Himokawa udon, ini adalah mie udo berbentuk seperti kertas panjang yang tebal. Lebarnya udon ini mencapai 10cm. Udon satu ini diklaim sangat lembut layaknya agar-agar sehingga tak perlu banyak kuah untuk memakan udon ini karena lembut diteggorokan. Udon satu ini berasal dari kota Kiryu, Gunma, Jepang.

Dan, yang terakhir adalah jenis udon yang palin banyak kita jumpai adalah Inaniwa Udon yang berasal dari kota Akita Jepang. Udon jenis ini adalah mie tebal yang biasa disajikan dengan miso sup dan juga rumput laut kering.

Museum udon ini terletak di Gion, dekat kuil Kiyomizu kota Kyoto Jepang. Bila kamu sedang berlibur di negeri satu, bisa cicip udon untuk makan siang sambil berwisata, Dreamers! (mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio