Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Provinsi di Indonesia Ini Paling Digemari oleh Turis Belanda!

20 September 2013 10:19 | 10165 hits

DREAMERSRADIO.COM - Jika kamu berpikir kalau Bali adalah tempat wisata paling populer di kalangan turis Eropa, maka kamu harus berpikir ulang. Karena ternyata turis asal Belanda paling suka jalan-jalan ke provinsi Sumatera Barat.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat, Burhasman, turis yang paling dominan datang ke Sumatera Barat berasal dari Malaysia, Singapura, dan Jepang. Sementara kalau di kalangan turis Eropa, turis asal Belanda lah yang paling banyak berkunjung ke provinsi yang dikenal dengan rumah gadangnya ini.

Kira-kira apa sih yang dicari oleh turis Belanda di Sumatera Barat? Menurut Burhasman, turis-turis ini suka datang ke tempat-tempat peninggalan kolonial Belanda dan juga tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah. Biasanya, tujuan mereka adalah daerah Sawahlunto atau Bukittinggi.

“Sawahlunto punya Gudang Ransum dan Lubang Mbah Soero. Di Bukittinggi itu ada Lubang Jepang yang menarik,” ujar Burhasman.

Kontur alam Ranah Minang yang variatif adalah alasan lainnya. Kalau mereka ingin berselancar, mereka bisa pergi ke Mentawai. Ingin main paralayang, mereka bisa datang ke Pesisir Selatan. Kalau jngin foto-foto sambil menghirup udara sejuk, mereka bisa mampir ke Lembah Harau.

Sayangnya, belum ada data yang akurat untuk menghitung jumlah kunjungan turis mancanegara yang datang ke Sumatera Barat. Selama ini, pemerintah setempat hanya mengandalkan data dari Badan Pusat Statistik.

Menurut data BPS, ada sekitar 36 ribu turis Belanda yang datang ke Sumatera Barat melalui Kuala Lumpur. Angka ini belum termasuk mereka yang datang lewat jalur darat atau juga penerbangan domestik.

(nes)

Baca juga: Wah, Vaksin Kini Jadi Masuk Paket Travel untuk Dongkrak Geliat Wisata?

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio