Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah Mitos Seputar Penyebab Nyeri Pada Punggung

18 September 2013 17:33 | 2154 hits

DREAMERSRADIO.COM - Salah satu penyakit paling umum yang dialami oleh banyak orang adalah sakit punggung. Penyakit ini memang ringan, namun nyeri pada punggung ini juga tidak bisa diremehkan. Rasa nyeri pada  bagian tubuh ini  juga terkait dengan beberapa hal. Banyak juga mitos seputar sakit punggung, tapi mitos tersebut belum tentu benar atau salah. Dilansir dari Mag for Women, inilah mitos seputar nyeri pada bagian punggung :

Mitos 1 : Selalu duduk dalam posisi tegak untuk menghindari sakit punggung
Ahli kesehatan mengatakan sakit punggung bisa disebabkan karena posisi duduk yang salah atau terlalu sering duduk membungkuk. Posisi duduk lurus tegak ini ternyata juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Terkait dengan posisi duduk, duduklah dalam posisi nyaman, dan beri sandaran pada punggung. Serta posisi kaki nyaman menyentuh tanah untuk menghindari nyeri punggung.

Mitos 2 : Mengangkat beban dan sakit punggung
Mengangkat beban yang berat memang bisa menyebabkan sakit pada punggung. Ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengangkat beban yang terlalu berat. Dan kesalahan posisi mengangkat beban bisa menyebabkan sakit pada punggung.

Saat mengangkat beban berat usahakan menekuk lutut, dan jangan membiarkan punggung tegang. Posisi mengangkat beban dengan kaki lurus sambil membungkuk menyebabkan sakit punggung. Sering mengangkat beban berat yang menarik otot punggung bisa menimbulkan nyeri pada punggung.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Mitos 3 : Obesitas tidak ada hubungannya dengan sakit punggung
Ternyata obesitas juga berkaitan dengan masalah nyeri punggung. Jumlah lemak pada tubuh yang menumpuk dapat menyebabkan tulang punggung menegang dan menjadi bungkuk yang bisa mnyebabkan nyeri punggung.

Itulah beberapa hal umum yang sering dikaitkan dengan sakit punggung. Dan untuk menghindari nyeri punggung, saat duduk usahakan posisi punggung senyaman mungkin, lakukan latihan ringan untuk membuat punggung relaks. Memijat juga menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi nyeri punggung atau dengan menggunakan bantal panas.

(mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio