Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Sering Menyentuh Wajah Bisa Sebabkan Flu

13 September 2013 16:16 | 2030 hits

DREAMERSRADIO.COM - Flu adalah salah satu penyakit ringan yang kerap dialami. Walaupun tergolong penyakit ringan namun tetap saja flu sangat mengganggu. Selain badan terasa tidak enak, flu juga terkadang menyebabkan kepala berat dan pusing, mata terasa perih dan hidung meler.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Salah satu hal yang bisa menyebabkan penyakit influenza ini adalah kebiasaan memegang atau menyentuh wajah.

Seorang ilmuwan Amerika bernama Vladimir Alonso dari National Institutes of Health di Bethesda mengatakan bahwa  menyentuh wajah terutama di bagian hidung dan mulut meningkatkan penyebaran bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Mulut, mata dan hidung adalah bagian rongga tubuh yang menjadi jalan masuk bagi kuman. Sedangkan tangan sendiri banyak bersentuhan dengan benda-benda yang mengandung banyak kuman. Mencuci tangan sendiri tidak sepenuhnya membantu tangan bebas kuman.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Hal ini juga merupakan hasil peneltian yang dilakukan oleh Vladimir Alonso yang mengatamati 249 relawan yang sering mengunjungi tempat-tempat unum. Dari hasil pengamatan rata-rata seseorang menyentuh  benda-benda disekitar  rata-rata 3,3 kali per jam. Sedangkan mereka akan menyentuh wajah 3,6 kali per jam. Hal tersebutlah yang menyebabkan mikroba bakteri lebih cepat menyebar kedalam tubuh.

Tubuh memang memliki sistem kekebalan yang berguna untuk melawan bakteri dan virus penyakit. Namun, saat sistem ini menurun bakteri dan virus dengan mudah masuk dan menimbulkan penyakit. Untuk itu hindari terlalu sering menyentuh wajah terutama setelah tangan menyentuh benda-benda kotor. Selalu menjaga kebersihan tangan, dan lakukan langkah mencuci tangan dengan benar.

 (mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio