Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Konsumsi Makanan Ini Agar Kuku Sehat

11 September 2013 19:11 | 3091 hits

DREAMERSRADIO.COM - Punya kuku yang sehat dan cantik menjadi kebanggaan wanita dan berguna untuk menunjang penampilan. Kegemaran merias kuku terkadang bisa membuat kuku menjadi rapuh dan tidak sehat.  Tidak hanya perawatan dari luar, makanan juga bisa mempengaruhi serta memperbaiki kesehatan kuku.

Seperti dikutip dari Readers Digest inilah makanan yang baik untuk dikonsumsi sesuai dengan keadaan kesehatan kuku :

Kuku yang kusam
Kusamnya warna kuku dapat terjadi karena kekurangan folat dan dan tidak mendapatkan vitamin B. Untuk mengatasi kuku kusam dan menyerap vitamin B, cobalah untuk rajin mengkonsumsi makanan seperti bayam dan kacang-kacangan misalnya kacang polong.

Kuku rapuh dan mengelupas
Jika memiliki kuku yang rapuh sehingga mudah patah dan mengelupas, akibat kuku kehilangan kelembapan sehingga kering. Ternyata kuku juga membutuhkan kelembapan yang berasal dari asam lemak esensial. Mengkonsumsi sereal dan smoothies dengan tambahan 2 sendok makan minyak biji rami bisa membantu kuku menjadi lebih kuat.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Kuku lembut dan tipis
Protein keratin adalah komponen utama pembentuk kuku. Keratin membuat kuku kuat dan tebal. Kuku yang lembut dan tipis terbentuk karena kurangnya keratin. Makanan yang baik untuk membentuk protein keratin adalah daging unggas, ikan salmon atau mackerel, dan juga daging merah.

Kuku lemah yang mudah patah
Kekurangan zat besi dan vitamin C bisa membuat kuku kusam, rapuh sehingga  menjadikannya lemah dan mudah patah. Cobalah untuk memakan asupan makan yang kaya akan zat besi seperti sereal, telur dan bayam. Makanan yang kaya akan vitamin c seperti jeruk, tomat dan paprika membantu tubuh untuk menyerap zat besi secara maksimal.

Nah Dreamers, itulah makanan yang dapat dikonsumsi sesuai dengan keadaan kuku. Satu lagi tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kuku yang kering adalah dengan menggosokkan minyak zaitun di sekitar kuku setiap malam sebelum tidur. Semoga bermanfaat ya Dreamers!

(mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio