Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Olahraga Dapat Mengurangi Resiko Terjangkit Kanker Payudara

11 September 2013 12:19 | 2560 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kanker payudara adalah salah satu penyakit berbahaya yang menghantui kaum wanita. Dampak terburuk dari penyakit ini bisa menyebabkan kematian.  Mendeteksi penyakit kanker payudara serta mencegahnya sedini mungkin menjadi hal yang penting. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Dilansir dari Healthland Time, berolahraga tidak saja membakar kalori tubuh, banyak manfaat baik yang didapat dari berolahraga. Rutin bergerak dapat menurunkan resiko seorang wanita mengalami kanker payudara.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Minnesota melakukan studi terhadap 391 wanita. Terdiri dari wanita yang jarang berolahraga, wanita sehat serta wanita premenopuase. Kemudian mereka dibagi kedalam dua kelompok,

Sebanyak 179 perempuan yang ada dalam kelompok  aktif, melakukan olahraga selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam satu minggu selama 16 minggu menunjukkan efek positif. Tubuh mereka menunjukkan perubahan metabolism estrogen serta kinerja zat anti kanker yang bekerja lebih baik.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Studi ini juga menunjukkan bagaimana latihan aerobik menghasilkan sistem metabolisme yang lebih baik untuk memecahkan hormon esterogen dan mengurangi resiko penyakit kanker payudara. Estrogen sendiri adalah salah satu hormone yang memicu terjadinya kanker payudara.

Para peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill juga menemukan bahwa wanita yang melakukan berbagai jenis olahraga secara rutin memiliki resiko terkena kanker payudara lebih rendah sebanyak 6% dibandingkan dengan wanita yang hanya duduk dan bersantai saja.

Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih segar dan sehat. Bagi, kalian yang gemar berolahraga pastinya banyak manfaat yang dirasakan ya Dreamers. ^^

(mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio