Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah Penyebab Timbulnya Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya!

09 September 2013 10:14 | 22607 hits

DREAMERSRADIO.COM - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu dan juga menyebalkan. Sering terdengar istilah jerawat batu. Sebenarnya apa itu jerawat batu? Apa yang menyebabkan timbulnya jerawat batu membandel tersebut? Dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah kulit wajah yang satu ini?

Dikutip dari Voices Yahoo, jerawat batu adalah keadaan muka berjerawat yang cukup parah. Gerombolan jerawat muncul di wajah yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak. Bentuk jerawat yang kasar dan berwana kemerahan menghitam. Jerawat batu mengandung bakteri dan juga sel kulit mati serta sel darah putih didalamnya.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Jerawat batu ini tidak hanya mempengaruhi kulit bagian luar, tapi juga menyerang jaringan kulit bagian dalam. Hal tersebut bisa mengakibat kerusakan kulit wajah, sehingga bisa menimbulkan bekas luka permanen.

Timbulnya masalah jerawat meradang ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, bisa jadi seseorang menderita jerawat batu karena orang tuanya juga mengalami hal yang sama. Masalah satu ini juga bisa disebabkan karena kelenjar minyak di wajah yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati di dalam pori-pori wajah, dan juga bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan gaya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan wajah agar jerawat tidak meradang. Hindari mengkonsumsi makanan yang memicu produksi kelenjar minyak.
 
Serta untuk melawan bakteri penyebab jerawat dokter biasanya akan memberikan antibiotik seperti doxycycline yang juga berguna untuk mengurangi peradangan. Bahkan ahli kesehatan juga mengangurkan untuk meminum pil KB untuk mengontrol produksi sebum atau kelenjar minyak yang memicu terjadinya jerawat.
 
Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat batu ini adalah dengan suntikan kortikosteroid. Untuk melakukannya perlu berkonsultasi dengan dokter ahli karena prosedurnya yang sangat rumit. Suntik kortikosteroid tujuannya untuk mengurangi pembengkakan jerawat batu dan mengeringkannya.
 
Dreamers, itulah penjelasan seputar jerawat batu serta penyebabnya dan cara mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat! (mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio