Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wisatawan Dilarang Memberi Tip di 4 Negara Ini!

22 Agustus 2013 18:00 | 6489 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kadang saat sedang pergi berwisata, kita sering dibingungkan mengenai masalah pemberian tip. Penduduk di beberapa negara tertentu memang sering meminta tip. Tapi di beberapa negara, pemberian tip merupakan hal yang dilarang.

Beda daerah, beda pula budaya pemberian tip yang dimilikinya. Di beberapa negara, memberi tip pada petugas di hotel atau pegawai di restoran adalah hal yang sangat biasa dilakukan. Tidak jarang juga para pekerja ini meminta uang tip secara langsung kepada wisatawan.

Tapi di beberapa negara, memberi uang tip ternyata sangat tidak dianjurkan. Dilansir detikTravel dari News Australia, ternyata di Jepang, Korea Selatan, Brazil, dan India pemberian tip merupakan hal yang dilarang.

Jepang punya penduduk yang mandiri dan suka bekerja keras. Maka dari itu, tidak heran kalau mereka tidak suka kalau ada wisatawan yang memberikan tip. Bahkan kamu bisa dianggap tidak sopan. Meski demikian, di beberapa tempat misalnya restoran mewah, diberlakukan service charges untuk menggantikan tip.

Lain halnya dengan Korea Selatan. Di negara asal musik K-Pop ini, pemberian tip tidak dianjurkan karena penduduk Negeri Ginseng ini merasa uang tip tidak diperlukan.

Begitu juga dengan Brazil. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tip. Kalau kamu ingin memberi apresiasi, supir taksi di Brazil sudah biasa menerima pembayaran ongkos taksi yang nominalnya dibulatkan ke atas.

Bagaimana dengan India? India memang terkenal dengan penipuan dan kriminalitas yang sering terjadi di kota-kota besar. Tapi sesungguhnya penduduk negara yang dikenal lewat industri film Bollywood ini tidak terlalu tergiur oleh uang tip. Meski demikian, banyak di antara mereka yang meminta uang terlebih dahulu sebelum kamu memberikan tip.

(nes)

Baca juga: Wah, Vaksin Kini Jadi Masuk Paket Travel untuk Dongkrak Geliat Wisata?

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio