Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Hiii, di Spanyol Ada Festival Jelang Kematian!

13 Agustus 2013 18:30 | 3868 hits

DREAMERSRADIO.COM - Tidak ada satu pun orang di dunia yang tahu kapan ia akan meninggalkan dunia ini selama-lamanya. Namun di Spanyol, ada satu festival unik yang digelar untuk merayakan hari-hari menjelang kematian. Hiii!

Festival memang selalu identik dengan suka cita, namun festival bernama Fiesta de Santa Marta de Ribarteme ini justru diselimuti rasa duka. Festival yang diadakan di Las Nieves, Galicia, Spanyol ini memang tidak biasa karena ia digelar setahun jelang kematian seseorang.

Festival unik ini memang sudah menjadi bagian dari kebudayaan lokal. Siapa pun yang merasa bahwa dalam setahun kedepan akan dicabut nyawanya bisa menjadi peserta dalam festival ini. Mereka yang mendaftar akan diusung di dalam peti mati tanpa tutup kemudian diarak keliling kota Las Nieves.

Suasana duka jelas terasa dalam festival yang rutin diadakan pada 29 Juli setiap tahunnya. Keluarga serta kerabat orang yang diarak di dalam peti mati tersebut tampak sangat sedih. Dalam festival yang dimulai setiap pukul 10 pagi, peserta diarak sampai di tengah kota tempat patung pelindung kebangkitan, Saint Marta de Ribarteme berdiri.

Tepat pada tengah hari, peserta dibawa masuk ke dalam sebuah gereja. Di sini, upacara yang lebih khidmat berlangsung. Menjelang sore, lonceng gereja akan berdentang yang menandakan acara di gereja telah selesai.

Masih berbaring di dalam peti matinya, peserta kemudian diarak menuju ke pemakaman kota. Keluarga peserta terus mendamingi sambil meneriakkan, “Virgin Santa Marta, bintang utara, kami membawa orang-orang melihat kematiannya untuk Anda.”

Banyak orang yang menilai bahwa festival ini tidak layak untuk dilakukan karena dalam perayaan ini manusia dianggap melebihi kuasa Tuhan akan kematian. Para pemuka agama di Las Nieves sendiri sebenarnya sudah melarang festival ini tapi kepercayaan masyarakat di sini sangat kuat melebihi teori-teori agama.

Walaupun banyak pro dan kontra yang bermunculan, Fiesta de Santa Marta de Ribarteme berhasil menarik perhatian banyak orang yang dibuktikan dengan ribuan orang wisatawan yang berkumpul di jalan untuk menyaksikan rangkaian acara tersebut.

(nes)

Baca juga: 'Hobbyground', Tempat Nongkrong Sekaligus Saluran Hobi Anak Muda

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio