Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Turunkan Berat Badan Dapat Tingkatkan Fungsi Memori Otak?

09 Agustus 2013 19:11 | 2408 hits

DREAMERSRADIO.COM - Selain mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, ternyata turunnya bobot tubuh mempunyai manfaat lain yakni meningkatkan fungsi memori otak. Otak dapat mengingat lebih baik. Menurut penelitian dari Universitas Umea, Swedia ternyata berat badan ideal juga mampu meningkatkan memori otak.

Seperti dilansir dari geniusbeauty.com, hal ini merupakan hasil percobaan yang dilakukan terhadap dua puluh wanita postmenopause yang menderita obesitas. Sebelum dan sesudah diet, para peneliti mengukur indeks massa tubuh mereka dan kepadatan jaringan lemak dan menguji memori episodic para wanita tersebut.

Setelah melakukan penelitian selama enam bulan, para wanita tersebut rata-rata kehilangan bobot tubuh cukup drastis.  Ternyata diet dan latihan fisik yang dilakukan selama 6 bulan dapat meningkatkan sistem sistem kardiovaskular (peredaran darah) dan juga fungsi otak. Hal ini dilakukan setelah para peneliti melakukan test memori terhadap para wanita tersebut. Pada akhir penelitian, menjadi jelas bahwa setelah penurunan berat badan, kualitas memori meningkat.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa otak perempuan menjadi lebih aktif dan lebih mampu menyerap informasi setelah mereka kehilangan berat badan. Selain itu, hal ini juga ditunjukkan dari hasil studi terkini yang dilakukan dari Brigham and Women's Hospital (BWH),  bahwa beberapa jenis lemak dihubungkan dengan memori (daya ingat) dan fungsi mental yang memburuk.

Lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang menumpuk dapat mengganggu fungsi kognitik dan memori otak pada wanita dari waktu ke waktu. Wah, ternyata menurunkan bobot tubuh ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan membuat bentuk tubuh lebih ideal yaa, Dreamers.

(mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio