Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Beginilah Suasana Salat Ied di Masjidil Haram Mekkah

08 Agustus 2013 10:00 | 10530 hits

DREAMERSRADIO.COM - Selain saat musim haji dan umroh, Mekkah juga dipadati oleh jamaah Islam saat Idul Fitri tiba. Sekitar enam juta umat Islam yang ada di Mekkah memadati Masjidil Haram, masjid terbesar di dunia yang juga merupakan tempat Ka’bah berada.

Umat Islam mulai memadati Masjidil Haram sejak waktu salat subuh atau sekitar pukul 4.45 waktu setempat. Kebanyakan dari mereka datang lebih awal karena ingin mendapatkan tempat di barisan depan.

Jutaan jamaah ini tidak hanya memenuhi ruangan dalam masjid. Mereka juga tumpah ruah di jalan-jalan raya dan setiap sudut jalan yang dekat dengan masjid. Tidak ada celah kosong yang tidak diisi jamaah. Keadaan ini tidak hanya terjadi saat salat Idul Fitri, melainkan terjadi juga saat salat Idul Adha.

Tidak hanya jamaah saja yang berkumpul di Masjidil Haram. Keluarga besar pemerintah Kerajaan Arab Saudi, duta besar, diplomat, dan tamu negara juga berkumpul di masjid ini untuk beribadah bersama-sama.

Setelah salat subuh, jutaan jamaah bersimpu di depan Ka’bah untuk mengumandangkan takbir. Takbir dipimpin oleh imam besar Masjidil Haram Makkah al Mukaramah. Gema takbir pun membahana di sekitar Mekkah. Para jamaah juga sangat khusyuk melafalkan takbir bersama-sama.

Salat Ied dimulai tepat pukul 6.10 waktu setempat. Setelah salat Ied, imam besar memberikan kotbah Idul Fitri. Kotbah yang berlangsung selama sekitar satu jam ini intinya mengingatkan umat Muslim untuk meningkatkan ketakwaan dan menjaga hubungan silaturahmi.

(nes)

Baca juga: Disney+ Bakal Rilis Film Pendek Bertema Idul Fitri

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio