Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah Manfaat Tidur Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

23 Juli 2013 17:08 | 10872 hits

DREAMERSRADIO.COM - Tidur merupakan aktivitas alamiah yang dilakukan semua orang. Selain mengistirahatkan tubuh dan fikiran, tidur juga mempunyai banyak manfaat. Waktu tidur yang cukup membuat tubuh lebih segar dan sehat. Kualitas tidur yang baik mempunyai manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Seperti dilansir dari healthysleep.harvard.edu, para ilmuwan menyatakan bahwa tidur mempunyai peranan penting dalam sistem imun, metabolism, memori serta masih banyak fungsi lain yang ditentukan oleh kualitas tidur. Maka itu tidur nyenyak dan menghindari tidur terlalu larut sangat dianjurkan.

Dikutip dari health.com inilah beberapa manfaat tidur :

Meningkatkan daya ingat

Peneletian mengatakan bahwa otak dan memori kita akan bekerja saat kita tertidur. Menurut seorang ahli dari NYU Langone Medical Cente, saat sedang mempelajari sesuatu, tidur dapat meningkatkan kualitas belajar. Aktivitas satu ini justru memperkuat daya ingat terhadap suatu hal.

Meningkatkan Sistem Imun

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Saat kurang tidur tubuh cenderung mudah terserang penyakit. Kurang tidur dapat menekan sistem kekebalan tubuh, yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Sebuah studi menyatakan, bahwa tidur selama kurang dari tujuh jam setiap malam meningkatkan risiko terkena flu. Dengan tidur cukup, hal ini dapat meningkatkan sistem imun. Tidur selama 8 jam sehari sehari membuat tubuh lebih sehat.

Membuat kulit menjadi cerah.

Dengan tidur dalam waktu cukup dan nyenyak, bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Tidur membuat pembuluh darah menjadi relaks dan melancarkan aliran darah sehingga kulit menjadi lebih cerah. Karena kurang tidur dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi mengkerut, sehingga darah yang dipompa keseluruh tubuh menjadi berkurang. Hal ini dapat mengurangi kelembapan alami kulit dan membuat kulit tampak lebih kusam.

Menurunkan berat badan

Tidur juga bisa membantu menurunkan berat badan. Karena saat tidur fungsi metabolisme dan aktivitas otak kita terus bekerja. Aktivitas metabolisme tubuh yang paling tinggi justru terjadi saat sedang tidur. Aktivitas metabolisme tubuh ini akan membakar kalori pada tubuh kita. Selain itu, penelitian para ahli menyatakan bahwa orangyang tidur kurang dari 7 jam sehari beresiko mengalami kegemukan.

(mya)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio