Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Sering Gunakan Flat Shoes Berefek Buruk Bagi Kesehatan

21 Juli 2013 19:08 | 15628 hits

DREAMERSRADIO.COM - Perempuan gemar sekali menggunakan flat shoes. Selain tampil modis, menggunakan sepatu balet flat juga lebih ringkas dibandingkan dengan menggunakan high heels atau sepatu kets. Bentuknya yang simple juga membuat banyak orang memilih menggunakan flat shoes setiap hari. Tapi ternyata mengenakan sepatu jenis ini setiap hari memiliki efek buruk, sama halnya dengan menggunakan high heels setiap hari.

Dilansir dari geniusbeauty.com, ahli ortopedi (ahli bedah tulang belakang) mengatakan bahwa sering mengenakan alas sepatu yang tipis berbahaya bagi kesehatan. Karena pada saat menggunakan sepatu flat balet , otot-otot kaki, tendon (tulang belakang kaki bagian bawah) pembuluh darah dan sendi bagian kaki menanggung beban 3 kali lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan kram, nyeri otot dan sakit punggung, serta masalah lutut.

Selain itu sering menggunakan flat shoes juga dapat mengakibatkan nyeri tumit, tumit pecah-pecah, bengkak pada jaringan tebal di dasar kaki,nyeri pinggul, dan dampak yang paling parah adalah terjadinya keretakan tulang telapak kaki. Dikuntip dari kompas.com hal ini dikarenakan karena flatshoes tidak memiliki bantalan empuk yang dapat memberikan penahan dan melindungi kaki agar saat berjalan tidak berhentakkan langsung.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Ahli penyakit kaki dari Carnation Footcare menjelaskan, flat shoes cenderung meningkatkan lengkungan pada telapak kaki, yang menyebabkan kaki nyeri jika sering berjalan menggunakan flat shoes. Untuk mengatasinya para ahli menyarankan untuk menambahkan bantalan kaki setinggi 2-3 cm saat menggunakan flatshoes. Hal ini bertujuan untuk memberi kenyamanan pada lengkungan telapak kaki sehingga dapat mengurangi tekanan pada daerah sensitif kaki.

Jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembab kaki, atau krim kaki untuk menghindari tumit pecah-pecah. Bisa juga mengkombinasi dengan menggunakan sesekali menggunakan sepatu kets. Tapi jika lebih nyaman menggunakan flat shoes memberi bantalan empuk didalam flatshoes cukup membantu menghindari efek buruknya.

Caranya simpel dan mudah bukan Dreamers? Kaki terlindungi dari bahaya kamu juga tetap dapat menggunakan beragam flat shoes lucu yang dimiliki.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio