Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

4 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Kegemukan

09 Juli 2013 16:54 | 14513 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kegemukan merupakan kelebihan berat badan akibat terjadinya penumpukan sel-sel lemak.  Selama ini kita mengetahui bahwa penyebab kegemukan akibat dari makanan atau asupan karbohidrat berlebih ke dalam tubuh. Tapi ternyata kegemukan juga dapat dipicu oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kegemukan :

Tidur Dengan Lampu Menyala
Bagi kamu yang biasa tidur dengan lampu menyala baiknya menghindari hal ini. Karena ternyata tidur dalam keadaan terang dapat memicu kegemukan. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Proceedings of The National Academy Sciences. Bahwa cahaya terang dari lampu dimalam hari mempengaruhi berat badan tubuh.

Menurut sebuah penelitian dari Ohio State University menyatakan bahwa cahaya terang dapat mengubah sistem metabolism tubuh. Perubahan tersebut terjadi karena ritme sikardian berubah. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup yang menentukan pola tidur dan pola makan. 

Gaya Hidup Serba Instan
Tahukah kamu bahwa 90% penyebab obesitas terjadi karena gaya hidup seseorang. Gaya hidup tidak sehat membuat asupan makanan dalam tubuh akan melebihi kebutuhan makanan. Gaya hidup instan ini membuat kita memakan dan minuman serba instan.  Selain itu biasanya gaya hidup instan erat dengan sedentary lifestyle (gaya hidup tanpa banyak bergerak).

Aktivitas olahraga atau banyak bergerak sangat dibutuhkan tubuh untuk membakar kelebihan energi dan karbohidrat. Karena jika kurang bergerak maka kelebihan energi dari makanan akan diubah menjadi lemak oleh tubuh dan disimpan dalam sel-sel lemak.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Sering Tidur Larut Malam
Hindari kebiasaan tidur larut malam. Karena hal ini menyebabkan jam tidur berkurang. Kurang tidur dapat meningkatkan resiko kegemukan. Selain itu tidur larut memicu kebiasaan nyemil di malam hari. Biasanya cemilan berkabohidrat tinggi seperti snacks atau makanan manis menjadi pilihan.

Selain itu, Critical Reviews in Food Science and Nutrition juga menuliskan bahwa kurang tidur dapat memacu kelaparan dan kelelahan  yang dapat mengurangi  aktivitas fisik, biasanya bila tidur larut malam kita akan bangun siang dan kehilangan kesempatan berolahraga di pagi hari.

Waktu Makan Yang Salah
Makan tidak pada waktunya atau diwaktu yang tidak tepat dapat memicu kegemukan. Misalnya dengan memperbanyak porsi makan siang dan melupakan malam malam. Hal ini merupakan persepsi yang salah karena justru dapat memperlambat tingkat metabolisme yang menjadikan lemak dalam tubuh menumpuk.

Selain itu mengunyah makanan yang terlalu cepat dan jangka waktu makan pendek setelah makan sebelumnya juga dapat memicu kegemukan karena kita tidak dapat mengontrol dengan benar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio