Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wah, Sisa Rokok Pun Bisa Rusak DNA

23 Juni 2013 05:00 | 2522 hits

DREAMERSRADIO.COM - Siapa lagi yang bisa menyangkal bahaya rokok, jika bahaya rokok diberitakan terkait antara perokok aktif dan pasif, dalam penelitian terbaru menemukan  bahwa sisa rokok ternyata masih berbahaya bagi manusia, salah satunya adalah mampu merusak DNA.

Asap rokok yang dibakar orang lain, cukup terkontaminasi oleh sisa-sisa pembakaran rokok yang menempel di peralatan rumah tangga. Ternyata residu rokok ini dapat menempel untuk waktu yang cukup lama.

Sisa-sisa pembakaran rokok atau nikotin akan tertinggal di rumah, bahkan setelah rumah tak lagi dihuni dan sudah dibersihkan. Penelitian menemukan bahwa thirdhand smoker atau perokok pasif ketiga masih bisa terpapar bahaya rokok di kamar hotel atau ruang tamu yang pernah digunakan untuk merokok.

“Sampai saat ini, fenomena racun rokok pada thirdhand smoker masih belum dipahami dengan baik," kata Bo Hang, ahli biokimia di Divisi Biologi Berkeley Laboratory seperti dilansir Medical Daily.

Baca juga: Tidak Cuma Rokok, Sayuran Ini Juga Mengandung Nikotin

Hang dan rekan-rekannya di California Consortium on the Health Effects of Thirdhand Smoke menggunakan 2 teknik untuk mengukur dan menganalisa kerusakan DNA pada manusia, yaitu dengan Comet assay dan the long amplicon-qPCR assay. Hasilnya menemukan bahwa paparan sisa rokok dapat
Pada akhirnya, kelainan ini dapat menyebabkan keracunan gen atau genotoxicity, kondisi yang telah dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk kanker. Hasil pemeriksaan berikutnya menemukan bahwa paparan selama bertahun-tahun akan menambah risiko bahayanya dari waktu ke waktu.

“Ini adalah penelitian pertama yang menemukan bahwa thirdhand smoker besifat mutagenik. Beberapa senyawa kimia dalam thirdhand smoker adalah karsinogen yang paling ampuh. Senyawa ini tinggal di permukaan dan ketika menempel pada pakaian atau karpet, bahayanya bagi anak-anak sangat serius," ungkap Lara Gundel, sesama ilmuwan dari Berkeley Lab.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio