Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Hati-hati Bahaya Kesemutan

25 Mei 2013 11:00 | 4039 hits

DREAMERSRADIO.COM - Setiap orang tentu pernah merasakan kesemutan. Jika sering muncul mendadak dan tanpa sebab, maka waspadai gejala neuropati. Terjadinya kerusakan saraf akibat trauma pada saraf, atau akibat efek samping suatu  penyakit yang sistemik.

“Jika kesemutan munculnya spontan, dan Anda tidak sedang dalam posisi yang salah atau Anda telah memperbaiki posisi namun kram masih terjadi, Anda harus segera memeriksakan diri,” ungkap Dr Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), konsultan neurologis dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Baca juga: Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

Selain mengalami kesemutan, gejala lain yang muncul berbentuk rasa nyeri seperti terbakar ditangan dan kaki. Rasa kebas, mati rasa, kram, kaku otot, kehilangan kontrol kandung kencing, kulit hipersensitif, kulit mengilap, rambut rontok di area tertentu, kelemahan anggota gerak, hingga penyusutan otot.

Neuropati bisa saja menyerang siapa saja, tetapi lebih banyak menyerang mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Apalagi bagi penderita diabetes atau yang beresiko lebih tinggi. Selain itu penderita penyakit jantung dan hipertensi, perokok, dan yang suka mengkonsumsi alkohol. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio