Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah Komputer Super Tercepat di Jepang

17 Mei 2013 16:48 | 1755 hits

Jepang merupakan negara maju yang memiliki teknologi komputer paling canggih. Bahkan Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki komputer super cepat. Lantas seperti apakah bentuk dari komputer tersebut.

Kebutuhan komputasi yang kian rumit memaksa Fujitsu untuk terus mengembangkan perangkat mereka, terutama di jajaran komputer untuk keperluan khusus.

Komputer super cepat ini memang sangat dibutuhkan masyarakat Jepang. Menurut Masami Yamamoto, Presiden Fujitsu Limited, komputer khusus ini bisa digunakan untuk keperluan riset, termasuk memprediksi datangnya bencana seperti Tsunami.

Sementara itu, disela acara Fujitsu Forum 2013, di Tokyo International Forum yang diselenggarakan kemarin, melaporkan bocoran super komputer tersebut dibeberkan Yamamoti kepada para peserta forum. Salah satunya soal spesifikasi yang kian luar biasa.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

 Super komputer tersebut bernama PRIMEHPC FX10, dan di dalamnya sudah ada dua mesin yang dioperasikan secara hybrid, PRIMEHPC FX10 dan PRIMERGYCX400. Total bandwith yang dihasilkan komputer tersebut mencapai 561,4 teraflops, kecepatan paling tinggi dibanding super komputer lainnya di Jepang.

Karena kecepatannya itu, komputer ini mendapatkan pesanan dari Universitas Nagoya, yang juga disebut sebagai pusatnya teknologi di Jepang. Kampus ini juga kerap dijadikan rujukan pemerintah setempat saat ingin mengimplementasikan teknologi baru.

Di universitas Nagoya PRIMEHPC FX10 akan dipakai untuk beberapa keperluan riset. Sistem ini akan mulai beroperasi pada Oktober 2013 mendatang.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio