Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Samsung Sukses Terapkan Teknologi 5G

14 Mei 2013 18:20 | 2018 hits

Perkembangan teknologi terus berkembang pesat. Samsung Electronics telah mengumumkan telah berhasil menguji coba teknologi nirkabel generasi kelima, 5G. Teknologi terbaru itu dapat memungkinkan pengguna mengunduh film super high definition (HD) hanya dalam waktu satu detik. Fantastis.

Dilansir dari Phys Org, perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengklaim telah menemukan formula baru untuk mentransmisi data melalui pita frekuensi yang jauh lebih cepat dari yang digunakan saat ini. Hasilnya, pengguna dapat mengirimkan file berukuran besar waktu yang sangat singkat.

Meski demikian, pengguna yang ingin merasakan teknologi 5G garapan Samsung harus menunggu. Pasalnya teknologi terbaru itu masih tahap persiapan, dan akan mulai digunakan secara komersil pada tahun 2020 atau tujuh tahun kedepan.

Target Samsung untuk mewujudkan teknologi 5G itu disesuaikan dengan roadmap Uni Eropa. Awal tahun ini, Uni Eropa mengumumkan telah menginvestasikan 50 juta euro, setara Rp486 miliar, untuk penelitian jaringan 5G agar bisa digunakan secara luas pada tahun 2020.

Baca juga: Suga BTS Aransemen Ulang Ringtone Ikonik Samsung Jadi Lebih Dramatis

“Pelanggan akan menikmati berbagai layanan serba cepat, seperti menikmati streaming film dan game 3D, real time, dengan kualitas konten ultra high definition (UHD),” tutur  Samsung dalam pernyataan resmi.

Kompetisi antar perusahaan teknologi pun diramalkan akan semakin sengit dalam hal menciptakan teknologi terdepan. Saat ini, teknologi nirkabel tercepat masih dipegang oleh 4G atau Long Term Evolution (LTE), tapi belum semua negara menggunakannya.

Untuk mencapai teknologi 5G masih butuh waktu yang sangat lama, terlebih lagi masih banyak negara berkembang yang masih menggunakan jaringan 3G, termasuk Indonesia.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio