Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wow, Aplikasi Ini Bisa Bikin Not Balok

12 Mei 2013 01:00 | 25043 hits

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat tim peneliti dari KTH Royal Institute of Tecnology di Swedia berhasil mengembangkan aplikasi yang dapat mengubah lagu atau nyanyian menjadi partitur atau notasi balok dalam komposisi lagu.

Adalah ScoreCleaner Notes yang akan mendengarkan melodi atau nada yang  dinyanyikan melalui mikrofon aplikasi untuk kemudian ditulis menjadi not balok. Tak hanya itu, bagi yang gemar berselancar di dunia maya ,seperti media sosial atau email, melalui aplikasi itu, tanpa perlu mengetahui cara membaca atau menulis not balok musik, menjadi tahu.

Dilansir dari Wired, aplikasi ini dikembangkan oleh dua insinyur computer yakni Sven Emtell dan Seven Ahlback. Emtell mengatakan ia ingin merevolusi  industry musik melalui aplikasi yang ia ciptakan.

Baca juga: Mulai Ramai Jadi Syarat Masuk Lokasi Tertentu, Mengapa Aplikasi PeduliLindungi Dikritik Menyusahkan Pemerintah?

Cara menggunakan ScoreCleaner Notes cukup mudah, kamu cukup membuka aplikasi ini kemudian tekan Recor” lalu mulai bernyanyi atau bersenandung. Aplikasi ini akan menerjemahkan irama dan melodi menjadi not balok di lembaran musik.

Bahkan aplikasi ini juga memiliki versi desktop yang dapat memahami dan mentranskripsi (menerjemah dari suara ke not balok) tidak hanya melodi sederhana yang dinyanyikan. Tetapi juga dari suara polifonik yang dimainkan. Synthesizer midi yang terhubung dengan komputer memiliki peranan penting untuk menuliskan musik ini lengkap dengan pitchnya.

Sementara bagi mereka yang sudah mahir membaca notasi, software ini menawarkan layanan antarmuka sederhana untuk menavigasi komposisi yang berbeda. Sehingga, pengguna akan mendapatkan gambaran dari rekaman yang berbeda.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio