Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ingin Berhenti Merokok? Akupuntur Atau Hipnosis

08 Mei 2012 15:00 | 2500 hits

Banyak anak-anak muda yang terjebak dengan kebiasaan merokok. Jika sebelumnya hanya coba-coba, tapi kelamaan merokok bisa menjadi kecanduan. Nah bagaimana jika terlanjur? Mau tau caranya berhenti? Akupuntur dan hypnosis salah satu cara yang tengah banyak di coba belakangan ini.

Hingga saat ini penelitian menyatakan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dipertanyakan termasuk seberapa efektif efek terapi alternative tersebut, dan bagaimana membandingkan dengan metode konvensional untuk berhenti merokok.

Mehdi Tahiri, seorang peneliti dari McGill University in Montreal Kanada mengatakan bahwa cara ini bisa menjadi pilihan bagi para perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya.

"Perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya pertama-tama harus mencoba cara standar seperti terapi penggantian nikotin, pengobatan, dan konseling perilaku," ungkap  Tahiri, seperti dilansir olehReuters.

Baca juga: akmu

"Namun beberapa orang tak tertarik pada pengobatan. Jadi mereka bisa mencoba cara lain seperti akupunktur dan hipnosis,” tuturnya.

Penelitian melaporkan bahwa perokok yang menggunakan akupuntur memiliki kemungkinan berhenti merokok tiga kali lebih besar dalam waktu enam bulan hingga satu tahun.

Senada dengan itu, perokok yang melakukan terapi hipnosis juga memiliki tingkat keberhasilan tinggi dibandingkan dengan orang yang melakukan terapi standar. Namun masih terdapat beberapa kelemahan, kata peneliti. Tingkat kesuksesan dari cara-cara alternatif ini masih belum konsisten pada semua uji coba yang dilakukan. Pada penelitian tahun 2008 yang dilakukan pada 258 perokok, ditemukan bahwa 55% perokok yang melakukan cara alternatif ini berhenti dalam waktu enam bulan.

Sementara itu, penelitian pada tahun 2007 di Taiwan yang melakukan akupuntur pada telinga memiliki tingkat keberhasilan lebih rendah. Hanya 9% perokok yang diberikan akupuntur berhasil menghentikan kebiasaannya.

Begitu juga dengan terapi Hipnosis, sekitar 20-45% pasien yang mengikuti terapi ini berhasil berhenti merokok setelah enam bulan hingga satu tahun.Sementara itu dua penelitian lain menunjukkan sebaliknya.

Tahiri mengatakan bahwa masih ada banyak hal yang harus diteliti lebih lanjut, seperti berapa banyak sesi akupunktur dan hipnosis yang diberikan, dan teknik apa yang paling baik digunakan. Meskipun begitu, akupunktur dan terapi hipnosis bisa jadi salah satu cara alternatif untuk berhenti merokok. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio