Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Susah Tidur? Makan Ini Sebelum Tidur

03 Mei 2012 12:00 | 7225 hits

Insomnia atau susah tidur banyak diderita oleh remaja juga lho. Kadangkalanya meski badan dan pikiran sudah lelah, tapi masih saj sulit tidur. Sheknows.com memberikan alternatif yang lebih alami dengan mengawasi makanan kamu. Jadi makanan apa yang boleh dan tiddak menjelang tidur.

Makanan yang membuat sulit tidur

Menurut dokter Esther B Horn, sorang ahli nutrisi di New York, kafein dan makanan yang banyak mengandung gula bisa mengganggu ritme kerja tubuh. Kamu bisa mengkonsumsinya jika ingin bangun semalaman. Tapi jika ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindari makanan ini.

Namun, efek dari gula dan kafein bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang membutuhkan seharian, sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein kecuali pada pagi hari. Namun ada juga orang yang masih dapat tidur nyenyak walaupun baru minum espresso saat makan malam. Semua tergantung pada bagaimana organ tubuh mereka merespon kafein.

makanan apa yang boleh dimakan sebelum tidur?

Baca juga: akmu

Yang pertama adalah ayam kalkun. Kalkun mengandung banyak amino acid trytophan yang bisa membantu kamu untuk tertidur pulas. Tryptophan tidakmembantu kamu mengantuk, tetapi membantu otak untuk memproduksi serotonin yang dapat membuat rileks, serta melatonin yang bisa membuat kamu mengantuk.

Kedua adalah kentang tumbuk. Walaupun kentang mengandung banyak karbohidrat, tapi tidak mengandung banyak glukosa. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kelebihan gula jika mengkonsumsi kentang. Makan kentang dengan susu rendah lemak saat makan malam, maka kamu akan mudah tertidur.

Ketiga adalah pisang. Pisang mengandung  melatonin dan tryptophan yang membantu kamu tertidur. Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada tubuh untuk beristirahat. Pisang juga mengandung magnesium yang memberikan efek relaksasi pada otot dan membantu mengatasi ketegangan secara pikiran dan fisik.

Susu adalah makanan keempat. Susu hangat mengandung banyak tryptophan yang akan membuat rileks. Walaupun begitu, mengkombinasikan ayam kalkun dan susu akan membuat kamu pemalas dan sering buang gas. Jangan makan keduanya secara bersamaan.

Makanan kelima adalah oatmeal. Oatmeal tidak hanya membuat perut hangat, tapi juga kaya serat yang membuat kamu kenyang sebelum tertidur. Semangkuk oat hangat juga merupakan sumber melatonin yang baik. selamat mencoba! (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio