Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Artis
>
Article
Ajukan Protes Keras, Orang Tua NewJeans Sakit Hati dan Kecewa Terhadap HYBE
13 Mei 2024 18:00 | 1701 hits

DREAMERS.ID - Outlet media Ilgan Sports merilis surat yang diterima CEO ADOR Min Hee Jin dari orang tua anggota NewJeans pada 31 Maret lalu. Surat tersebut kemudian dikirim oleh Min Hee Jin ke HYBE dan labelnya BELIFT LAB pada tanggal 3 April.

Dalam email tersebut, orang tua NewJeans mengungkapkan kekecewaan terharap HYBE dan BELIFT LAB, khususnya terkait kesamaan konsep ILLIT yang diduga meniru NewJeans.

"Sebagai orang tua dan wali sah dari Kim Minji, Hanni Pham, Kang Haerin, Marsh Danielle, dan Lee Hyein (NewJeans), kami menyampaikan pernyataan berikut kepada CEO ADOR Min Heeji pada tanggal 31 Maret 2024."

1. Peniruan Konsep NewJeans

Orang tua anggota NewJeans mengungkapkan keprihatinan mendalam atas kontroversi yang muncul dengan banyak kesamaan dalam konsep (foto, video musik, dll.), gaya, koreografi, dll. antara NewJeans dan grup yang debut di bawah label lain HYBE (selanjutnya disebut sebagai “000”).

"Kesamaan ini tampaknya merupakan hasil peniruan yang disengaja oleh HYBE/BELIFT LAB," kata orang tua anggota NewJeans.

Mereka menunjuk bahwa produksi konten internal dengan staf era debut NewJeans membuat dugaan meniru yang disengaja itu sulit disangkal.

Orang tua mengatakan, "Lebih dari segalanya, kami mempertanyakan alasan di balik perencanaan irasional tersebut dalam perusahaan yang sama meskipun masuk akal bagi tim dengan karakteristik berbeda untuk menargetkan pasar yang berbeda terutama ketika debutnya tidak berjauhan."

"Kami memahami bahwa ADOR tidak terlibat atau kooperatif dalam proses ini. Kami meminta HYBE / BELIFT LAB mengklarifikasi niat mereka di balik rencana serupa yang dibuat secara sewenang-wenang," jelasnya.

2. Tekanan Mental Terhadap Anggota NewJeans

Mereka khawatir bahwa kesamaan itu pada akhirnya akan merusak reputasi dan nilai merek NewJeans. Para anggota NewJeans dan keluarga disebut mengalami tekanan mental akibat berbagai kontroversi karena 000 disebutkan di hampir semua artikel tentang NewJeans.

"Kami kecewa dan sakit hati karena NewJeans digunakan dalam analisis komparatif yang tidak perlu, dan ini menyakitkan," ungkap orang tua anggota NewJeans.

Mereka membawa contoh video TikTok yang memicu kontroversi plagiarisme karena 000 tidak mencantumkan nama koreografer asing, sebuah komentar yang mendapat banyak suka secara mengejutkan menyatakan, “Saya pikir ini NewJeans.”

Orang tua khawatir jika banyak orang yang akan salah paham bahwa itu adalah kesalahan NewJeans. Begitu juga video konten internal 000 menjadi bahan gosip dan mengundang ejekan kepada NewJeans di komunitas online.

"Sangat disayangkan konten ini tidak disaring meskipun semuanya diproduksi dan diedit oleh tim produksi internal HYBE. Apakah BELIFT LAB / HYBE mempunyai niat untuk melindungi nilai merek NewJeans dan setiap anggotanya?" tanya para wali.

3. Bang Si Hyuk Dinilai Mengabaikan NewJeans

Orang tua anggota NewJeans lebih banyak mengungkapkan bahwa ketua HYBE Bang Si Hyuk mengabaikan anggota NewJeans dan sapaan mereka setiap kali dia bertemu mereka di perusahaan.

"Pertama, kami merasa ragu ketika mendengar dari anak-anak, “Dia pasti tidak mengenali kami,” dan bertanya lagi beberapa kali. Namun, hal ini terjadi beberapa kali, dan ada kalanya mereka bertemu dengannya sendirian di tanggal dan lokasi berbeda, dia pasti mengenali anggotanya sebagai NewJeans," ungkapnya.

Lalu berkata, "Sekalipun dia tidak mengetahui bahwa mereka adalah anggota NewJeans, sudah menjadi dasar [kesopanan] untuk menanggapi seseorang yang memberikan salam terlebih dahulu. Apakah begitu sulit untuk bertukar salam di dalam perusahaan?"

Baca juga: Jungkook BTS Diduga Beri Dukungan untuk NewJeans, Ini Kata BIGHIT

Mereka menyebutkan bahwa ada momen Bang Si Hyuk berpura-pura tidak melihat NewJeans seperti sengaja menghindar, bahkan ketika berada di lift yang sama. "Kami bingung karena tidak ada yang bisa kami katakan kepada anak-anak kami. Anggotanya hanya berusia SMP dan SMA," kata orang tua anggota NewJeans.

4. HYBE Disebut Ingkar Janji

Para anggota NewJeans menandatangani kontrak sebagai trainee SOURCE MUSIC setelah mendengar tawaran dan janji untuk menjadi girl grup pertama HYBE, dan setelah itu, mereka harus menunggu begitu saja tanpa mendengar penjelasan apa pun dari SOURCE MUSIC sementara proyek tersebut tertunda.

"Sementara itu, kami mendengar berita tentang 000 dan 000 penandatanganan kontrak. Akhirnya, tidak seperti yang dijanjikan pada saat penandatanganan [kontrak], tim lain debut sebagai girl grup pertama [HYBE]," tutur para orang tua.

Pengingkaran janji NewJeans menjadi girl grup pertama di bawah HYBE dan penantian serta pengabaian tanpa akhir yang dialami oleh anggota NewJeans ketika mereka menjadi trainee SOURCE MUSIC disebut sebagai mimpi buruk yang tak terlupakan.

"Karena proses menantang yang dialami di SOURCE MUSIC, ada salah satu anggota yang mempertimbangkan untuk menyerah untuk debut."

Mereka menyimpulkan, "Isu plagiarisme yang saat ini menghebohkan berbagai komunitas penggemar dan media sosial adalah akibat dari perlakuan tidak adil yang dilakukan HYBE dan kurangnya komunikasi yang transparan, dan kami yakin ini hanyalah permulaan."

Orang tua menyatakan keberatan dan meminta perbaikan atas penggunaan NewJeans sebagai strategi yang sengaja menarik perhatian hanya pada saat dibutuhkan oleh HYBE dengan alasan berasal dari sub-label HYBE, dan cara promosi HYBE/BELIFT LAB tanpa permintaan atau konsultasi dengan ADOR.

5. Mendesak Perlindungan untuk NewJeans

Melalui surat tersebut, kuasa hukum NewJeans menyatakan bahwa kepercayaan dengan HYBE akan sulit dipulihkan karena insiden yang tidak menghormati NewJeans, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana HYBE akan mengeksploitasi grup itu di masa depan dan apa yang akan mereka tiru selanjutnya.

Kuasa hukum menyatakan, "Dengan berat hati, kami secara resmi meminta CEO ADOR Min Hee Ji, yang bertanggung jawab atas kontrak manajemen NewJeans, untuk mengambil tindakan untuk memblokir aktivitas pelanggaran terhadap NewJeans oleh HYBE / BELIFT LAB dan untuk melindungi nilai merek mereka."

Berdasarkan kontrak eksklusif yang ditandatangani pada 21 April 2022, ADOR berkomitmen untuk setia memberikan layanan manajemen agar bakat dan kualitas NewJeans dapat dimaksimalkan dan berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan keuntungan maksimal, sehingga mendorong keuntungan bersama.

"Kami sangat meminta agar ADOR mengambil tindakan terbaik untuk memberantas perselisihan plagiarisme yang sedang berlangsung yang disebabkan oleh HYBE dan aktivitas pemasaran yang mengeksploitasi [perselisihan ini]," tegasnya.

Termasuk mendesak HYBE agar melindungi nilai NewJeans, mendorong masing-masing label untuk membuat konten yang beragam berdasarkan ide-ide baru mereka sendiri dan bukan melalui metode tidak etis dalam mencuri dan mempromosikan konten yang sudah ada.

6. Tuntutan Orang Tua dan Kuasa Hukum

Terkait kesaksian 000 bahwa, “Produser Bang Si Hyuk dengan cermat memantau video latihan kami dan memberi kami umpan balik,” yang menunjukkan bahwa Ketua Bang Si Hyuk telah mengambil alih keseluruhan produksi grup 000.

Kuasa hukum berkata, "Jika tidak ada orang lain selain pimpinan yang memproduksinya sendiri, maka akan tepat jika menerapkan strategi diferensiasi dengan mempertimbangkan tim yang ada di dalam perusahaan."

"Selain itu, jika ditemukan konten yang tumpang tindih, meskipun tidak disengaja, hal tersebut harus segera diperbaiki karena prinsipnya."

Orang tua anggota NewJeans juga mengecam tren K-Pop yang tercipta setelah kesuksesan NewJeans termasuk istilah "NewJeans pria".

"Sebagai pemimpin industri K-pop, HYBE harus menyediakan lingkungan yang masuk akal dan sehat bagi artis labelnya. Kami menuntut protes keras terhadap HYBE atas masalah yang disebutkan dan menunggu tanggapan serta tindakan perbaikan mereka," tutup surat orang tua NewJeans yang dikirim ke Min Hee Jin.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio