Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Mau Sehat dan Awet Muda, Perbanyak Konsumsi Alpukat

26 April 2012 15:00 | 3012 hits

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dari gizi yang  terkandungnya. Sebuah studi membuktikan secara resmi kalau alpukat merupakan senjata ampuh untuk melawan penuan dan berbagai macam penyakiyt.

Apalagi kandungan minyak pada alpukat mampu melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan dan juga mengurangi  risiko penyakit jantung dan kanker. Alpukat pada dasarnya sama sepeti sayuran dan buah yang mampu mengusir radikal bebas dalam tubuh.

Namun pada buah alpukat khasiatnya lebih hebat karena senyawa antioksidan alpukat mampu masuk ke dalam mitokondria yang merupakan tempat sel tubuh  manusia mengubah makanan menjadi energi.

Baca juga: akmu

“Radikal bebas bisa merusak mitokondria, menyebabkan produksi energi berhenti dan sel menjadi mati. Analoginya adalah jika ada minyak bocor dan kita hanya membersihkan bekas kebocoran itu, maka ikan akan tetap mati. Jadi kita harus mencari sumber kebocoran dan memperbaikinya,” tutur salah satu peneliti dari University Michoacana de San Nicolas de Hidalgo di Mexico, Christian Cortes-Rojo, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Radikal bebas berasal dari limbah yang tidak sehat, seperti polusi, tembakau, dan radiasi. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan memicu reaksi kimia dan merusak membran sel, protein, bahkan DNA. Fenomena ini merupakan salah satu penyebab dari penuaan dini dan kerusakan arteri serta penyakit kanker.

Studi yang terdaftar dalam American Society for Biochemistry and Molecular Biology menyebutkan bahwa alpukat mengandung minyak yang membuat sel-sel mampu bertahan dalam konsentrasi zat besi yang  tinggi atau elemen pembentuk radikal bebas.

Minyak alpukat memiliki komposisi yang hampir sama dengan minyak zaitun yang juga ampuh dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah, lemak jahat, dan risiko serangan penyakit diabetes.(way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio