Dreamland
>
Berita
>
Article

Herannya Dokter Spesialis Soal Melonjaknya Pneumonia di Cina, Indonesia Perlu Waspada?

30 November 2023 12:38 | 403 hits

DREAMERS.ID - Kasus pneumonia di Cina menarik perhatian Masyarakat dunia, terutama karena terjadinya lonjakan yang disinyalir disebabkan oleh sejumlah pathogen misterius. Mycoplasma pneumoniae disebut-sebut menjadi salah satu pathogen meningkatnya kasus pneumonia.

Pasalnya, kasus ini membuat heran para dokter karena umumnya mycoplasma adalah bakteri yang menyebabkan infeksi ringan pada system pernapasan. Sehingga penyakit yang ditimbulkan biasanya tidak terlalu berat.

"Biasanya sih penyakitnya ringan, saya juga heran kenapa di China sekolah sampai ditutup," kata dr Erlina Burhan, SpP, Spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Cina mencatat adanya kenaikan kasus rawat jalan dan rawat inap pada anak karena Mycoplasma pneumoniae. Karena itu, dr Erlina menduga ada infeksi beberapa pathogen yang menyebabkan lonjakan kasus di sana.

Mycoplasma pneumoniae juga penyakit menular karena menyerang sistem saluran pernapasan atas. Ketika seseorang yang terinfeksi M. pneumoniae batuk atau bersin, mereka bisa mengeluarkan droplet yang mengandung bakteri tersebut.

"Saya kira untuk pencegahan saat ini ortu ikut berpartisipasi, kalau anak batuk jangan ke sekolah dulu. Kita lebih waspada dulu jangan sebelum parah baru dibawa ke rumah sakit," tandasnya.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio