Dreamland
>
Berita
>
Article

Mesranya Jokowi-Erdogan Gandengan yang Isi Pembicaraannya Tak Main-Main di KTT OKI

12 November 2023 18:11 | 285 hits

DREAMERS.ID - Di sela-sela KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Indonesia melakukan pertemuan bilateral dengan Turki dan kedapatan beberapa momen menarik yang terjadi antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Kala bertemu di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab, Erdogan menggandeng Jokowi sepanjang keduanya berjalan via laman Detik. Awalnya, Presiden Erdogan menanyakan kabar Jokowi.

"Good, alhamdulillah," kata Jokowi yang juga memuji pidato Erdogan. "Your speech very tough," kata Jokowi.

Mereka terlihat akrab dan terus berbincang sepanjang jalan, dalam video yang diunggah oleh YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (12/11) hari ini. Bahkan ketika duduk bersebelahan, tangan Presiden Erdogan tetap merangkul tangan Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas dalam soal konflik Israel-Palestina dan membahas Upaya bantuan untuk warga sipil serta kemungkinan langkah penyelesaiannya. Indonesia dan Turki sepakat terus bekerja sama untuk mendukung perjuangan Palestina dalam mewujudkan kemerdekaannya.

“Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” kata presiden di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh seperti dikutip dari keterangan tertulis.

“Presiden Erdogan menyatakan dalam pertemuan tersebut bahwa serangan terhadap rakyat Palestina telah mencapai tingkat pembunuhan massal dan menargetkan rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, dan pegawai organisasi non-pemerintah tidak dapat diterima,” tulis kantor Erdogan melansir Tempo.

Dalam kesempatan KTT OKI itu, Jokowi memberikan pidato di depan para pemimpin negara-negara Islam yang tegas mengecam perbuatan Israel di jalur Gaza. Ini 4 tuntutannya di hadapan dunia, melansir laman CNBC Indonesia.

Pertama, Jokowi menuntut gencatan senjata secepatnya dari Israel. Ia mengatakan bahwa Israel telah melakukan collective punishment (hukuman kolektif) yang tak adil bagi warga Palestina.

Kedua, Jokowi meminta bantuan kemanusiaan ke Palestina harus dipercepat dan diperluas. Jokowi mengatakan Indonesia terus mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dan akan ditambahkan lagi. Ia berharap negara-negara OKI bisa mengusulkan mekanisme bantuan yang berkelanjutan.

Ketiga, Jokowi meminta OKI mengerahkan semua kekuatan untuk menuntut pertanggungjawaban Israel terhadap kejahatan yang dilakukan ke Palestina.

Keempat, Jokowi mendesak OKI melakukan perundingan damai, sehingga terjadi solusi bagi kedua pihak. Ia menolak pemikiran solusi untuk satu negara atau one state solution, karena menurutnya pasti mengorbankan Palestina.
 

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio