Dreamland
>
Artis
>
Article

Mengapa Perpanjangan Kontrak BTS Disebut Langka dalam Industri K-Pop

22 September 2023 18:30 | 460 hits

DREAMERS.ID - Berita mengenai BTS yang memperbarui kontraknya dengan BIGHIT MUSIC untuk kedua kalinya telah menjadi perbincangan hangat. Sejumlah media bahkan menyebut langkah yang diambil grup ini terbilang langka di indutri K-Pop. Mengapa demikian?

BTS memulai debutnya pada tahun 2013 di bawah agensi Big Hit Entertainment (sekarang HYBE), di mana pada saat itu mereka memiliki masa kontrak 7 tahun. Namun, mereka memperbarui kontrak pada tahun 2018, dua tahun lebih awal dari masa berakhirnya kontrak.

Kontrak kedua BTS juga memiliki masa tujuh tahun (2018-2025), namun mereka kembali memperbaruinya lebih awal, sebagaimana diumumkan BIGHIT MUSIC baru-baru ini. Perpanjangan ini akan dilakukan pada waktu yang berbeda untuk masing-masing member karena Jin J-Hope, dan Suga saat ini sedang menjalankan tugas militer mereka.

Pembaruan awal ini adalah langkah langka yang membuktikan kepercayaan antara artis dan agensi. Member grup K-pop lain sering kali memilih untuk menandatangani kontrak dengan agensi berbeda ketika kontrak tujuh tahun awal mereka berakhir, seringkali untuk mengejar karir individu daripada aktivitas grup.

Baca juga: Fans BTS Kritik Keras HYBE Lewat Karangan Bunga Belasungkawa, Ini Ucapannya

Bahkan jika semua member grup setuju untuk tetap bersama agensi mereka, biasanya perusahaan memerlukan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, untuk mengumumkannya kepada publik setelah berhasil membujuk para member untuk tetap tinggal.

BTS merayakan hari anniversary debut yang ke-10 pada bulan Juni lalu dengan festival berskala besar yang berlangsung di berbagai wilayah Seoul, bertajuk ‘2023 BTS Festa’.

Bahkan setelah meraih kesuksesan besar, BTS dengan setia mematuhi aturan “seven or nothing”. Dan baru pada bulan Juni tahun lalu, grup tersebut mengumumkan bahwa mereka pada dasarnya akan hiatus dan semua member akan merilis proyek solo mereka sendiri karena wajib militer selama satu setengah tahun.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio