Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Racik Kopi, Indonesia Mesti Belajar dari Thailand

18 April 2012 16:00 | 4242 hits

Indonesia yang  memiliki berbagai jenis kopi ternyata tidak memiliki SDM yang mampu meracik kopi alias barista. Kabarnya barista Indonesia masih dibawah standar internasional. Untuk itulah Indonesia sepertinya  harus banyak belajar dari barista Thailand.

“Thailand itu industrinya bagus, barista benar-benar entertaining. Secara teknik, mereka rapi dan bersih, itu yang tidak dimiliki Indonesia. Indonesia harus banyak belajar dari Thailand,” ungkap Ina A. Murwani, Executive Director Asosiasi Kopi Spesial Indonesia saat berada di Liberica Coffee, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan.

Meski Thailand tidak memiliki cita rasa kopi yang kuat dan berbagai jenis kopi seperti Indonesia. Tetapi kenyataannya Thailand jauh lebih unggul bila berbicara tentang kemahiran barista. Selain kebersihan, kecepatan barista Thailand juga berada di atas Indonesia.

Baca juga: akmu

 “Seorang barista itu tidak boleh jorok karena berhubungan dengan makanan dan minuman. Selain bersih, barista Thailand juga lebih cepat daripada barista Indonesia. Waktu, kecepatan, serta penampilan barista itu yang utama,” terangnya.

Saat menjadi seorang barista, ditegaskannya, barista Indonesia semestinya tidak perlu malu menggunakan bahasa negaranya, bila memang tidak fasih berbahasa Inggris sebagai bahasa universal. Pasalnya, penjelasan barista tentang kopi yang diracik menjadi nilai lebihnya.

 “Di Thailand, hampir semua barista memakai bahasanya sendiri. Yang terpenting adalah penjelasannya sebab dalam membuat kopi para konsumen juga harus tahu kopi yang akan dikonsumsinya,” tambahnya. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio