DREAMERS.ID - Para pemimpin perwakilan industri K-Pop, empat agensi hiburan raksasa yakni SM, YG, JYP, dan HYBE telah berkomitmen pada EGS (Environmental, Social, and Governance / Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) dan manajemen berkelanjutan.
SM Entertainment
Pada 11 November, SM Entertainment menerbitkan 'Sustainability Management Report' atau 'Laporan Manajemen Keberlanjutan' pertama, mengumumkan rencana untuk transisi ke sistem manajemen lingkungan (EMS) pada tahun 2025.
Ini akan melibatkan komitmen untuk pengurangan emisi gas rumah kaca, pengurangan limbah dan penggunaan sumber daya tak terbarukan, perlindungan ekosistem, dan banyak lagi.
Faktanya, SM Entertainment mendirikan cabang manajemen EGS pada Mei tahun ini. Pada bulan Juni, agensi tersebut menjadi perusahaan hiburan Korea Selatan pertama yang menjadi anggota UN Global Compact (UNGC).
Baca juga: SM Entertainment Rencana Debutkan Girl Group Baru 5 Tahun Setelah aespa
YG EntertainmentYG Entertainment juga mengumumkan rencana untuk berkomitmen pada EGS dan manajemen berkelanjutan pada 11 November. YG telah secara resmi membentuk cabang dan komite konsultasi manajemen EGS, dan akan memulai tujuan manajemen EGS dengan memperbarui kampanye kontribusi sosialnya 'YG WITH' pada tahun 2023.
JYP Entertainment
Awal tahun ini, JYP Entertainment menjadi agensi hiburan Korea Selatan pertama yang menerbitkan 'Sustainability Management Report' pada bulan Agustus. JYP juga merupakan agensi hiburan Korea Selatan pertama yang menjadi anggota inisiatif 'RE100', di mana bisnis berjanji untuk mengubah penggunaan 100% listrik terbarukan.
HYBE
HYBE Labels juga membentuk EGS dan komite manajemen berkelanjutan pada bulan Juli tahun ini, dengan menunjuk presiden Lee Mi Kyung dari Korea Green Fund sebagai direktur komite.
(mth)