Dreamland
>
Musik
>
Article

Super Junior Paved The Way, Ini Deretan Hal Pertama yang Dicetuskan Sang Legend K-Pop

22 Juni 2022 14:00 | 828 hits

DREAMERS.ID - Super Junior telah berkarir selama 17 tahun di industri K-Pop dengan debut mereka pada 6 November 2005. Baru-baru ini grup naungan SM Entertainment tersebut mengumumkan akan melakukan comeback pada 17 Juli lewat full album ke-11 mereka.

Pelantun ‘Sorry Sorry’ ini juga diakui sebagai salah satu grup yang membuka jalan bagi K-Pop untuk berkarir secara global dengan hal-hal pertama yang dilakukannya. Berikut ini merupakan deretan hal yang baru dan pertama kali dicetuskan oleh Super Junior.

1. Grup K-Pop Pertama Dengan Member Banyak

Grup K-Pop biasanya hanya memiliki 3-5 member, namun Super Junior memulai debutnya dengan 12 member, kemudian Kyuhyun menyusul bergabung dengan grup pada tahun 2006 dan menjadi 13 member.

2. Hangeng Jadi Idol K-Pop Asal Tiongkok Pertama

Hangeng memulai debutnya di line-up asli Super Junior setelah awalnya mengikuti audisi untuk menjadi bagian dari grup generasi pertama SM Entertainment yang populer, H.O.T. Hangeng menghadapi kesulitan mempromosikan di awal debutnya karena pembatasan terkait dengan Visa.

Saat itu, ia hanya diizinkan tampil di saluran siaran tertentu, dan untuk dapat tampil bersama grup, Hangeng mengenakan topeng di atas panggung hingga pembatasan dicabut. Hangeng kemudian meninggalkan grup pada tahun 2009 dan berkarir di Tiongkok.

3. Super Junior Menciptakan Subunit Grup K-Pop Pertama

Sub-unit dalam grup K-Pop adalah cara yang bagus bagi anggota untuk mencoba gaya musik yang berbeda dari rilisan khas grup mereka. Mereka juga dapat membantu grup tetap aktif ketika tidak semua anggota dapat berpartisipasi dalam promosi.

Saat ini SM Entertainment telah memperluas ide subunit untuk banyak grupnya, seperti NCT, EXO, dan Girls’ Generation. Subunit K-Pop pertama dapat ditelusuri kembali ke grup mereka sendiri, Super Junior.

Baca juga: Super Junior Umumkan Tur Konser di Jakarta Bulan September

Pada tahun 2006, anggota Super Junior Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung membentuk Super Junior K.R.Y, sebuah grup yang menampilkan tiga vokalis.. Super Junior akan terus memiliki empat subunit tambahan khusus untuk grup mereka, Super Junior T, Super Junior H, Super Junior D & E, dan Super Junior M.

4. Kesuksesan Super Junior M di Tiongkok

Super Junior membentuk subunit mereka, Super Junior M, pada tahun 2008. Grup ini tidak hanya akan memfokuskan promosi mereka di Tiongkok dengan lagu-lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Mandarin, tetapi mereka juga menambahkan dua anggota baru ke dalam grup.

Super Junior M terdiri dari Hangeng sebagai leader, Siwon, Donghae, Kyuhyun, dan dua anggota baru, Henry dan Zhou Mi. Pengumuman grup ini awalnya tidak diterima dengan baik oleh penggemar di Korea, mereka takut anggota baru akan mengambil perhatian yang diterima anggota asli.

SM Entertainment kemudian merilis pernyataan resmi yang mengklarifikasi bahwa Henry dan Zhou Mi akan secara eksklusif berpromosi dengan Super Junior M.

Sebulan setelah grup baru debut, mereka memenangkan ‘Asia’s Most Popular New Group’ di Music King Awards 2008 di Makau. Mereka juga menjadi bintang tamu di berbagai program Tiongkok, di mana mereka secara konsisten menarik peringkat penonton yang tinggi.

5. Lagu yang Membuat K-Pop Mendunia

Pada tahun 2009, Super Junior merilis ‘Sorry Sorry’ di album mereka dengan nama yang sama, yang digambarkan oleh MTV sebagai lagu yang mengubah K-Pop selamanya. Dimana di tahun yang sama K-Pop mulai meluas, termasuk di Indonesia.

Lagu ini mendaratkan Super Junior di posisi nomor satu di chart musik di seluruh Asia., menyebabkan banyak cover dance, termasuk video narapidana menari mengikuti lagu di Filipina yang menjadi viral.

Lewat ‘Sorry Sorry’, Super Junior memenangkan ‘Record of the Year’ di Golden Disk Awards ke-24. Popularitas lagu dan tarian membantu menyebarkan minat K-Pop dengan cara yang lebih sulit dicapai sebelum bantuan media sosial.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio