Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ini Alasan Munculnya Bercak Gelap Pada Bibir dan Cara Mengatasinya

16 Februari 2022 21:00 | 969 hits

DREAMERS.ID - Pernahkah kalian mengalami kondisi bibir yang menggelap atau munculnya bercak? Hal tersebut terjadi karna adanya Hiperpigmentasi. Dikutip dari Byrdie, konsultan dermatologist Mara Weinstain, MD menjelaskan bahwa hiperpigmentasi bibir terjadi karena peningkatan deposit melanin di bibir.

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya merokok, trauma, reaksi inflamasi, paparan sinar matahari hingga pengaruh obat-obatan. Ada juga bisa terjadi karena alergi ringan, yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Namun ada jug acara untuk mengatasainya Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengobati hiperpigmentasi pada bibir.

1. Hindari Scrub Bibir yang Terlalu Abrasif

Scrub bibir memang merupakan salah satu metode untuk merawat dan juga mengelupas sel-sel kulit mati pada bibir sehingga membuat bibir lebih cerah. Namun jangan sampai scrub bibir yang dipilih terlalu abrasif sehingga dapat menyebabkan trauma pada bibir.

2. Hentikan Kebiasaan Menjilat Bibir

Dermatologist memberitahukan, kebiasaan menjilat bibir dapat menjadi penyebab utama hiperpigmentasi. Hal ini terjadi karena menjilat bibir bisa menyebabkan peradangan kulit. Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga dapat membuat bibir cepat kering.

3. Hormon

Baca juga: 6 Beauty Hack dari Korea Ini Bikin Bingung Tapi Boleh Dicoba

Dokter kulit bersertifikat di New York City bernama Ryan Turner, MD mengungkapkan adanya kaitan antara melasma dan hiperpigmentasi dengan obat pengatur hormon seperti kontrasepsi dan kehamilan.

Untuk itu, kalian perlu melakukan konsultasi dengan dokter tentang pengaruh hormonal yang mungkin berkontribusi terhadap hiperpigmentasi pada bibir.

4. Konsultasikan Pada Dokter

Meskipun tindakan laser kerap menjadi metode lain yang dipilih tetapi sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Hal ini dikarenakan tidak jarang pengelupasan kimia dan tindakan laser malah memperburuk masalah.

5. Aplikasikan Sunscreen

Hampir semua dokter kulit menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kalian juga perlu mempertimbangkan jenis sunscreen yang akan dipakai.

Pilihlah sunscreen yang mengandung penghambat mineral seperti seng oksida yang berguna untuk mencegah melasma dan jenis hiperpigmentasi lainnya.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio