DREAMERS.ID - SM Entertainment memperkuat posisinya sebagai 'pembangkit tenaga hiburan' tahun 2021, dengan sejumlah prestasi artisnya dan terobosan yang dilakukan dalam hal bisnis. Mereka pun telah memiliki rencana yang tidak kalah besar untuk tahun 2022 ini.
Melansir laman Joy News, NCT dan aespa, sangat aktif dan sukses di tahun 2021, meningkatkan ekspektasi untuk masa depan SM. Selain itu, pandangan dunia artis diperluas berdasarkan SMCU (SM Culture Universe), dan konsep berorientasi masa depan yang mencangkok metaverse menarik penggemar K-pop.
Anak perusahaan SM DearU, yang telah terdaftar di KOSDAQ, mempercepat perluasan layanan platform penggemar dengan 1,2 juta pelanggan berbayar. Tahun ini, SMD akan memperkenalkan SMCU, yang memperluas pandangan dunia artis baru bernama 'Metaversal Origin Story' oleh Produser Eksekutif Lee Soo Man.
Langkah itu diawali dengan konser online gratis SMTOWN LIVE 2022: SMCU Express @ Kwangya pada 1 Januari. Konser tersebut sekaligus memberikan cuplikan terkompresi untuk pandangan dunia SMCU, dan sukses menyedot sekitar 51 juta streamung di 161 wilayah di seluruh dunia (berdasarkan akses Beyond LIVE).
Angka tersebut menjadikan SMTOWN LIVE 2022: SMCU Express @ Kwangya sebagai konser online Korea yang paling banyak ditonton. Secara khusus, pertunjukan ini sangat berarti karena menjadi tempat untuk melihat bagaimana konten masa depan K-Pop di metaverse.
SM Entertainment, yang merupakan perusahaan hiburan paling aktif di industri metaverse, mengantisipasi peluncuran produk baru terkait NFT tahun ini. Bisnis SM dalam dunia metaverse sendiri telah dibangun sejak lama oleh Lee Soo Man.
Untuk tahun 2022, artis-artis besar seperti NCT dan aespa diharapkan lebih rajin dalam kegiatan mereka. Secara khusus, NCT diperkirakan akan mencetak rekor penjualan album terbesar tahun ini. Pasalnya, mereka telah mencatat rekor melampaui 10 juta kopi dalam total penjualan album tahun 2021.
Rekor tersebut diraih dengan berbagai grup unit seperti NCT Dream, NCT 127, NCT, dan WayV yang secara aktif melakukan promosi. Sekaligus membekukan nama NCT sebagai grup dengan angka penjualan album setahun tertinggi dalam sejarah.
Selain itu, tur dunia SMTOWN kedua akan direncanakan untuk segera digelar di kota-kota besar di seluruh dunia.
(mth)