Dreamland
>
Musik
>
Article

10 Solois K-Pop Wanita Paling Bersinar di Tahun 2021, Ada Favoritmu?

28 Desember 2021 10:00 | 21558 hits

DREAMERS.ID - Banyak solois K-pop wanita yang merilis musik sepanjang tahun 2021 ini, namun siapa yang paling menonjol? Baru-baru ini, Genius Korea, sebuah proyek komunitas kolektif yang berfokus pada promosi musik Korea, telah mengumumkan peringkat 10 besar artis solo K-pop wanita tahun 2021.

Data tersebut dikumpulkan dari tanggal 30 November 2020 hingga 30 November 2021 berdasarkan penelusuran artis dan lagu asli, lirik, terjemahan, dan romanisasi Hangul di situs web. Tidak hanya single, album, tetapi juga kolaborasi, OST, dan perilisan non-profit di SoundCloud dimasukkan dalam database untuk menentukan peringkat.

Dibandingkan dampak idola K-pop di pasar domestik, Korea, peringkat akhir tahun Genius Korea lebih mencerminkan popularitas artis secara internasional. Berikut adalah Top 10 artis solo K-Pop wanita tahun 2021!

1. Rosé BLACKPINK

Rosé menempati urutan pertama dalam daftar solois K-pop wanita paling bersinar tahun ini versi Genius Korea. Dua lagunya, ‘On The Ground’ dan ‘Gone’, tidak hanya populer di kalangan penggemar luar negeri, tetapi juga di pasar Korea meskipun faktanya Rosé hanya bernyanyi dalam bahasa Inggris.

2. Lisa BLACKPINK

Debut solo Lisa adalah salah satu momen K-pop besar tahun ini karena reputasi individu dari setiap member BLACKPINK termasuk yang terbaik di ranah idola wanita. Meski “terkucil” dari fans Korea, Lisa tetap meraih banyak prestasi luar biasa di AS, khususnya lagu ‘Lalisa’ dan ‘Money’ masuk chart Billboard Hot 100.

3. IU

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa tahun 2021 adalah tahun yang brilian bagi “ratu musik digital” IU. Dia terus-menerus merilis karya baru, menghibur penggemar dengan banyak pesta musik yang meriah, seperti ‘Celebrity’, ‘Coin’, ‘Lilac’, dan ‘Strawberry moon’.

4. CL

Pada tahun 2021, CL bekerja sama dengan Konnect Entertainment, ​​perusahaan Kang Daniel untuk merilis full album pertamanya ‘Alpha’. Setelah keluar dari YG, CL terlihat lebih aktif dalam mempromosikan karirnya di AS, dan posisi ke-4 di sini membuktikan bahwa penggemar internasional masih sangat tertarik padanya.

5. Lee Hi

Baca juga: Rosé BLACKPINK Beri Bocoran Lagu Baru dan Minta Usulan Nama Fandom

Lee Hi adalah salah satu vokalis paling kuat di K-pop. Jadi tidak sulit untuk memahami ketika dia dengan lembut "mendarat" di No. 5 artis wanita terpanas tahun ini. Berkat perilisan album studio ke-4 bertajuk ‘4 ONLY’, nama Lee Hi sekali lagi “menghangat”.

6. Seori

Seori mungkin nama yang asing bagi para penggemar K-pop yang hanya menyukai grup idola. Memulai karir sebagai YouTuber dan baru memasuki dunia hiburan pada tahun 2020, Seori langsung menarik perhatian berkat vokalnya yang lembut dan puitis. Salah satu perilisan Seori yang paling menonjol tahun ini adalah kolaborasinya dengan TXT dalam lagu bertema rock yang penuh teka-teki ‘0X1=Lovesong (I Know I Love You)’.

7. Jennie BLACKPINK

Masuknya Jennie ke dalam daftar ini mungkin tidak sesuai ekspektasi banyak netizen, karena debut solonya sudah 3 tahun yang lalu dan masih belum ada kabar tentang comeback-nya sebagai solois. Namun, kekuatan dan pesona Jennie tetap membawanya ke dalam Top 10 penyanyi solo wanita tahun 2021.

8. Jeon Somi

Jeon Somi memiliki tahun yang sukses berkat hit viral, ‘Dumb Dumb’. Tahun 2021 juga merupakan tahun yang bermakna baginya saat merilis full album solo pertamanya yang berjudul ‘XOXO’, dengan lagu utama berjudul sama yang juga diterima dengan baik oleh publik.

9. Hyuna

Tahun 2021 juga merupakan tahun yang produktif bagi Hyuna ketika "ratu seksi" tidak hanya melakukan comeback solo dengan I'm Not Cool and Good Girl’, tetapi dia juga memulai debutnya di subunit dengan pacarnya Dawn dengan single ‘Ping Pong’.

10. Sunmi

Popularitas Sunmi memang solid selama bertahun-tahun mengingat ia telah debut selama lebih dari satu dekade. Pada tahun 2021, Sunmi melakukan dua comeback dengan lagu utama ‘You Can’t Sit With Us’ untuk mini album ‘1/6’ dan single digital ‘Go Or Stop?’.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio