Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

4 Olahraga Ini Efektif Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

09 September 2021 12:45 | 723 hits

DREAMERS.ID - Imun masih menjadi hal utama yang harus ditingkatkan selama pandemi COVID-19. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan berolahraga secara rutin.

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membangun sistem imunitas dan respons kekebalan tubuh. Beberapa jenis latihan juga mampu memberi tubuh energi untuk melawan jutaan kuman yang mengelilingi kamu setiap hari.

Berikut ini adalah empat latihan yang dapat meningkatkan imunitas, dilansir dari Detik Health.

1. Strength training

Perlu diketahui, strength training atau latihan kekuatan seperti angkat beban bukan hanya sekadar cara untuk menguatkan lengan. Angkat besi dan latihan kekuatan dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengurangi stres.

Intensitas latihan kekuatan yang dilakukan juga punya tambahan efek signifikan pada sistem kekebalan tubuh.

2. High-Intensity Interval Training (HIIT)

Ada beberapa rutinitas olahraga yang membuat jantung kamu terpompa, salah satunya HIIT. Tetapi, HIIT sebaiknya hanya dilakukan beberapa kali dalam seminggu. 

Pasalnya, olahraga yang berlebihan justru dapat menjadi bumerang bagi sistem kekebalan tubuh. Moderasi atau pengaturan intensitas agar tidak berlebihan adalah kunci dalam hal olahraga apa pun.

3. Jalan kaki

Berjalan kaki singkat dengan durasi yang sama sudah cukup untuk menjaga imunitas agar berfungsi sebagaimana mestinya. Jadwalkan jalan cepat minimal lima kali seminggu selama minimal 30 menit untuk benar-benar menuai manfaat jalan kaki.

Hasil studi atas 1,000 orang dewasa di masa flu membuktikan bahwa mereka yang berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit sehari, memiliki tingkat kekebalan tubuh 43 persen lebih banyak daripada mereka yang tidak.

4. Trampolin

Meski didominasi gerakan melompat, trampolin tergolong olahraga yang low impact alias lebih ramah di lutut. Meski begitu, intensitasnya tidak kalah dahsyat dalam membakar kalori dan mendetoksifikasi tubuh.

Melompat-lompat di atas trampolin juga merupakan alternatif latihan dalam ruangan yang bagus untuk meningkatkan detak jantung.

Perlu dicatat juga, bahwa olahraga teratur dikombinasikan dengan diet sehat buah-buahan dan sayuran segar, suplemen vitamin C, dan tidur yang cukup dapat lebih membantu meningkatkan sistem imun.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio