Dreamland
>
Artis
>
Article

Dianggap Berlebihan Dukung Idol, Fans Jimin BTS di Cina Diblokir Weibo

07 September 2021 15:45 | 987 hits

DREAMERS.ID - Tahun ini, JiminBar dari Cina berkolaborasi dengan maskapai Jeju Air untuk menampilkan wajah Jimin pada badan pesawat terbang mulai 1 September hingga 30 November dalam rangka merayakan ulang tahun anggota BTS tersebut.

Jimin diketahui akan merayakan ulang tahunnya ke 26 pada 13 Oktober mendatang. Untuk mempersiapkan ulang tahun artis, penggemar Jimin di Cina menyiapkan pesawat khusus ini sebulan sebelumnya agar penggemar lain dapat menikmati tersebut. 

Tetapi fansbase atau fansite dari Jimin BTS telah dicekal oleh pemerintah Tiongkok setelah dianggap mendukung idol secara berlebihan. Dan Jimin Bar telah dihukum oleh Weibo karena iklan pesawat crowdfunding mereka baru-baru ini. 

Sebelumnya, baru-baru ini otoritas Tiongkok menekankan bahwa mereka akan membuat aturan ketat bagi para penggemar dalam dukungan idolanya atau yang mereka sebut penyembah berhala 'tidak rasional'.

Fansite Jimin di platfrom Weibo telah dibanned selama 60 hari karena menggelar proyek ulang tahun dengan memasang banner Jimin di Pesawat JejuAir, sesuai dengan aturan baru dari Administrasi Cyberspace China terkait 'Aturan Tambahan Untuk Membersihkan Kekacauan Fandom'.

Baca juga: Jimin BTS Resmi Gabung Spotify Billions Club dengan 'Like Crazy'

"Netizens melaporkan kepada kami bahwa, pada bulan April, sebuah akun memulai acara penggalangan dana untuk "memasang banner di pesawat" pada platform lain, yang melanggar aturan. Baru-baru ini, mereka memposting hasil penggalangan dana tersebut di Weibo. Isi postingan itu terdapat unsur mendorong dan membandingkan, yang merupakan masalah serius," jelas Weibo.

Weibo menyatakan bahwa pihaknya menentang dukungan tidak rasional kepada selebriti, dan siap untuk mengambil tindakan serius. Weibo berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab sosial dan telah memperkuat tata kelola terhadap fandom untuk membersihkan perilaku online mereka.

"Seluruh platform kami menggunakan standar yang sama saat mengatur dan menetapkan aturan, tanpa perbedaan tunggal. Setelah tindakan mendukung seorang selebriti dianggap tidak rasional, kami akan menanganinya dengan serius," papar Weibo.

"Ke depan, kami akan terus membuat pengumuman berkala tentang tindakan yang diambil. Kita semua harus bekerja keras bersama untuk membersihkan fandom. Pengguna kami dipersilakan untuk memberi kami laporan dan masukan tentang masalah ini," kata Weibo, dikutip dari Allkpop.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio