Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Masih Remaja Suka Ngopi? Perhatikan Dampak Ini

21 Oktober 2020 16:30 | 1822 hits

DREAMERS.ID - Kopi adalah salah satu minuman yang sering kita konsumsi, baik di pagi hari sebelum beraktivitas, maupun di malam hari. Belakangan ini kopi sudah menjadi tren khususnya di kalangan remaja. Namun apakah kopi baik dikonsumsi oleh mereka di usia muda?

Kopi mengandung kafein yang bersifat sebagai zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Namun apabila terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa mengakibatkan hal buruk untuk kesehatan. Harus perhatikan aturan dan takaran per harinya, supaya kopi tidak memberikan efek buruk.

Lantas apakah remaja tidak diperbolehkan mengkonsumsi kopi? Pada umumnya, remaja sedang mengalami pertumbuhan hormon yang signifikan yang membuat emosinya tidak stabil, sehingga remaja dianjurkan untuk tidur yang cukup.


Image source: harapanrakyat.com

Melansir Huffington Post via Detik, menurut National Sleep Foundation waktu tidur remaja yang ideal adalah 8 sampai 10 jam per malamnya, agar otak dapat berfungsi dengan baik.

Jawaban aman atau tidaknya tak begitu pasti, namun menurut penjelasan dokter Spesialis Kesehatan Remaja Dr. Catherine Miller, tidak ada masalah remaja mengkonsumsi kopi selama dalam dosis kecil.


Image source: pennmedicine.org

Baca juga: Para Ahli Memperingatkan Bahaya Minum Kopi di Pagi Hari

Apabila remaja terlalu banyak mengkonsumsi kopi, efek sampingnya seperti insomnia, sakit kepala, mudah tersinggung, dan jantung berdebar-debar. Maka para remaja dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi dalam dosis besar.


Image source: klikdokter.com

Menurut Pusat Kesehatan Kanada, dosis yang tepat untuk remaja 13 tahun ke atas tidak lebih dari 2,5 mg kafein per kilogram berat badannya. Contoh remaja berusia 16 tahun dengan berat badan 52 kg, tidak dianjurkan mengkonsumsi kafein lebih dari 130 mg per harinya.

Dalam dosis kecil, kopi tetap memiliki manfaat seperti menghilangkan kelelahan dan meningkatkan daya ingat. Sebaiknya, para remaja jangan mengkonsumsi kopi pada sore dan malam hari, karena akan mengganggu kualitas tidur.

Tak hanya kopi yang harus dibatasi, tetapi juga minuman kemasan dan minuman berenergi karena banyak mengandung gula dan bahan kimia yang berbahaya.

(kiki)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio