Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ladang Usaha dan Anti Stress, Tanaman Hias Populer Janda Bolong Bisa Terjual Rp 85 Juta

19 September 2020 14:14 | 4325 hits

DREAMERS.ID - Tren tanaman hias di masa pandemi ini semakin populer, selain itu merawat tanaman hias juga memiliki manfaat seperti mengurangi stress dan kecemasan, memunculkan rasa kebugaran, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Salah satu jenis tanaman hias yang populer adalah Janda Bolong yang merupakan jenis tanaman hias Monstera adansonii variegated. Melansir CNN Indonesia, beberapa jenis Monstera variegated (Monvar) dijual mulai harga Rp 2 juta hingga ada mencapai Rp 85 juta.

Seorang pegiat tanaman hias, Asoka Remadja mengatakan tingginya harga Monvar bukan barang aneh di dunia para pecinta tanaman hias. Seiring dengan meningkatnya permintaan, harga otomatis melambung. Bahkan harga bibitnya saja bisa ratusan ribu, sehingga menjadi ladang usaha.

"Di sini [Indonesia], Monvar yang punya kebanyakan kolektor. Ada bahkan yang jual 3-4 daun [seharga] Rp30-40 juta. Ini kalau dijual ke sesama kolektor. Tapi, kalau ke user atau penikmat yang tidak mengerti [seluk beluk tanaman hias], harganya bisa di atas segitu," kata Asoka.

Harga Monvar yang fantatis disebabkan oleh kelangkaan dan juga tampilan yang indah. Banyak yang mencari jenis Monvar warna separuh putih dan separuh hijau, yang terbilang langka, karena memiliki variegata yaitu semburat putih di atas daun berwarna hijau.

Untuk perawatan, Asoka mengatakan, "Merawat Monvar itu lebih ada pengorbanan. Warna putih itu, kan, sebenarnya penyakit. Jadi, variegata itu penyakit atau mengalami mutasi. Karena tidak ada klorofilnya, daun mudah gosong kalau terpapar sinar matahari, terlalu banyak air jadi gosong, kurang air juga gosong. Cantik sih, tapi ribet karena ada variegata-nya".

(bnt)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio