Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bikin Sendiri Kue Odading Mang Oleh yang Viral di Rumah, Ini Resepnya

18 September 2020 09:00 | 9804 hits

DREAMERS.ID - Baru-baru ini kue odading Mang Oleh menjadi viral di media sosial setelah unggahan video dalam akun media sosial Ade Londok, di mana Ade mempromosikan kue jualannya dalam bahasa Sunda dengan nada bicara yang lantang dan lucu.

Kue Odading sendiri merupakan jajanan khas Bandung berupa roti goreng dengan rasa manis dan bertekstur empuk seperti bantal, atau yang sering juga disebut kue bantal. Kue ini biasanya dijual bersama dengan temannya, yaitu cakwe.

Setelah viral, kue odading Mang Oleh diserbu pembeli sampai rela antre panjang di Jalan Baranang Siang, Nomor 5, Bandung. Daripada jauh-jauh ke sana dan antre lama, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep membuat kue odading kreasi Joanne Sebastian dari laman Cookpad.com.

Bahan A:

300 gr tepung terigu
2 sdm susu bubuk
5 sdm gula pasir
1 std ragi instan

Bahan B:

2 butir telur
100 mil santan instan

Bahan C:

Sejumput garam
1 sdm margarin/butter

Olesan:

air matang secukupnya

Taburan:

wijen putih secukupnya

Cara Membuat:

1. Aduk dan campur seluruh bahan A, aduk rata, lalu masukkan bahan B sesuai urutannya, uleni dengan tangan hingga kalis.

2. Masukkan bahan C, uleni hingga cukup kalis elastis, bisa gunakan mixer dengan hook roti pada proses ini, tapi diuleni dengan tangan pun cukup mudah, tidak perlu seperti membuat adonan roti.

3. Istirahatkan adonan selama satu jam atau sampai mengembang dua hingga tiga kali lipat, tutup dengan serbet bersih.

4. Setelah mengembang, kempiskan adonan, taburi meja kerja dengan tepung terigu secukupnya, pipihkan adonan setebal kira-kira satu cm, lalu potong-potong adonan dengan scraper/sepatula plastik berbentuk persegi.

5. Tata adonan berjarak, agar tidak saling menempel, istirahatkan kembali selama 15-20 menitan hingga mengembang sekali lagi.

6. Setelah mengembang lagi, olesi permukaan adonan dengan kuas dan air, lalu taburi dengan wijen, sambil sedikit ditekan agar wijennya tak gampang rontok saat digoreng.

7. Panaskan minyak banyak dengan api kecil, goreng Odading pada minyak panas, sekali balik, hingga kedua sisinya matang sempurna dan berwarna golden brown.

8. Angkat, tiriskan, sajikan kue Odading selagi hangat.  

(bnt)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio