Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Tengah Ramai Diperbincangkan, Seperti Apa Sih Sebenarnya Kepribadian Introvert?
18 Mei 2020 17:30 | 2145 hits

DREAMERS.ID - Menurut riset, ada tiga jenis kepribadian dari manusia, yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Namun ada klaim menyebutkan bahwa tidak setiap orang hanya memiliki satu kepribadian itu, atau misalnya 100 persen introvert.

Topik introvert belakangan sedang panas diperdebatkan di dunia maya, setelah seorang selebgram meminta maaf atas pernyataan kontroversialnya dan mengaku introvert. Namun, apa sebenarnya kepribadian introvert?

Melansir laman Hello Sehat, orang dengan kepribadian introversion secara umum terlihat lebih senang menyendiri karena justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi. Setelah itu, ia butuh 'me time' atau waktu menyendiri guna mengembalikan lagi tenaganya. Tapi bukan berarti introvert menutup diri dari dunia luar.

Ciri umum dari orang dengan kepribadian introvert diantaranya cenderung menyimpan perasaan sendiri, terlihat pendiam di tengah orang baru, sangat memikirkan sesuatu sebelum bertindak, pengamat yang baik dan cenderung mempelajari hal di sekitarnya lebih dahulu, serta lebih mudah terbuka dengan orang yang sudah dikenal atau dirasa nyaman.

Orang dengan kepribadian introvert juga cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain, khususnya yang belum mereka kenal untuk melindungi diri agar tidak merasa terintimidasi. Serta kerap melakukan self talking atau berbicara pada diri sendiri.

Bukan berarti mengalami gangguan kejiwaan, self talking di sini karena introvert cenderung mengekspresikan perasaan tanpa ingin merasa dihakimi.

Lantas bagaimana para introvert di dunia pekerjaan? Menurut studi tahun 2012 yang dilakukan oleh Corinne Bendersky dan Neha Shah dan diterbitkan dalam jurnal Academy of Management mengatakan, bahwa orang-orang introvert bekerja dengan sangat baik dalam proyek grup.

Karena biasanya lebih teliti dan teratur dalam melakukan penelitian, membaca, merencanakan sesuatu, dan tugas-tugas lainnya yang membutuhkan konsentrasi dan ketenangan.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio