Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Cara Sederhana Meredakan Sakit Leher dan Bahu yang Patut Dicoba
14 Februari 2018 14:14 | 2276 hits

DREAMERS.ID - Bekerja di depan laptop atau komputer seharian atau tidur dalam posisi yang tidak wajar adalah beberapa penyebab masalah sakit leher, bahu, atau punggung. Rasa sakit tersebut pasti akan mengganggu aktivitas di hari berikutnya.

Untuk mengatasi sakit leher tersebut, tips dan pengobatan dari lifehack.org berikut ini secara alami dapat meringankan rasa sakit dan tentunya menghindari untuk mengkonsumsi obat-obatan pembunuh rasa sakit.

1. Kompres dengan air hangat
Ini adalah pengobatan paling sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Hanya dengan meletakkan kantung air panas atau atau handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ke bagian leher dan bahu, ini akan membuat otot-otot santai. Tapi pastikan untuk tidak memijatnya terlalu keras.

2. Pijat
Minta rekan kerja atau keluarga untuk memijat otot-otot trapezius yang ada di bagian bawah tengkorak kepala sampai punggung dan bahu. Pastikan untuk memijatnya terlalu keras.

3. Latihan leher
Lakukan gerakan-gerakan sederhana pada leher seperti memutarnya. Tarik napas saat menarik kepala ke belakang dan buang napas saat menundukkan kepala ke dada. Putar leher searah jarum jam 7-8 kali dengan lembut. Lalu lakukan hal yang sama dengan berlawanan arah jarum jam. Hal ini akan membuat oto-otot santai dan juga membuat otot tetap kuat.

Baca juga: Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

4. Hindari posisi dan aktivitas yang tidak nyaman
Kurangi menyetir, hindari mengangkat barang berat atau duduk dengan posisi yang membuat stres bahu, leher, dan lainnya.

5. Peregangan bahu
Putar sendi bahu ke depan dan ke belakang. Satukan jari-jari dan angkat tangan ke atas kepala. Tahan selama satu menit lalu turunkan lengan.

6. Coba makanan yang ‘menyembuhkan’
Coklat hitam mengandung banyak flanovol yang dapat membantu meningkatkan aliran darah sehingga meredakan otot-otot yang lelah tersebut. Blueberry, buah delima, biji labu, jahe, dan buah ceri juga memiliki zat inflamatory yang dapat meringankan otot.

7. Istirahat
Ambil waktu istirahat dengan menonton acara televisi atau film favorit dan pergi tidur. Pastikan untuk tidur dengan bantal yang rendah dan nyaman. Dan jika masalah sakit leher ini tetap berlanjut, segera periksakan ke dokter.

(fzh)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio