Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Pena Digital Masa Depan Apple Bisa untuk Menulis di Berbagai Permukaan
13 Februari 2018 12:17 | 1916 hits

DREAMERS.ID - Jika biasanya stylus digunakan untuk menulis, menggambar, dan fungsi lainnya pada perangkat touchscreen seperti smartphone, laptop, dan tablet, maka pena digital ini sepertinya akan lebih canggih di masa depan.

Apple dikabarkan telah mematentan stylus yang dideskripsikan mampu bekerja di berbagai macam permukaan, bahkan di udara. Selain sensor tekanan di ujungnya, pena stylus dalam paten Apple bisa dilacak pergerakannya dengan motion sensor dan orientation sensor.

Melansir dari laman The Verge, ada juga kamera dan metode triangulasi (penentuan posisi) berbasis “elektromagmetik atau suara”. Dengan kata lain, kemungkinan posisi stylus ini bisa dipantau di ruang tiga dimensi saat dipasangkan dengan perangkat komputer atau tablet yang dibekali aneka sensor baru tadi.

Baca juga: Duo Samsung Galaxy S9 Dikabarkan Punya Fitur Animoji Mirip iPhone X

Pena styus ini bisa digunakan untuk membuat obyek dua dimensi seperti tulisan tangan. Selain itu, penggunanya juga bisa menggambar obyek tiga dimensi, seperti misalnya sebuah silinder. Saat pengguna menggambar silinder dengan gerakan stylus di udara, hasilnya akan ditampikan di layar komputer atau tablet pandamping, seperti terlihat dalam ilustrasi.

Mengutip Kompas, paten Apple soal stylus ini diajukan ke World Intellectual Property Organization (WIPO) pada Juli 2016 dan baru dipublikasikan pada Januari 2018 lalu. Apple sekarang diketahui menjual satu jenis stylus bernama Pencil yang hanya bisa digunakan dengan perangkat iPad Pro.

Namun sayangnya belum diketahui kapan stylus Apple yang bisa menggambar di udara ini bakal terwujud dalam bentuk produk jadi. Itu pun kalau benar-benar terwujud, mengingat ia masih dalam bentuk paten saat ini.

(fzh)

SUBSCRIBES
'apple'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio